Headline

Asah Minat dan Bakat Anak, Sekolah Alam di Kalikotes Gelar Open House

×

Asah Minat dan Bakat Anak, Sekolah Alam di Kalikotes Gelar Open House

Sebarkan artikel ini

 

Klaten, faktapers.id – Sekolah Alam Harapan Kita menyelenggarakan kegiatan Open House yang diadakan rutin setiap tahun. Dalam kegiatan yang diadakan sekolah alam dalam naungan Yayasan Harapan Insan Mulia tersebut bertujuan untuk mengenalkan beberapa kegiatan yang ada di sekolah alam, sehingga masyarakat terutama yang ingin mencari sekolah terbaik bagi putra dan putrinya.

Acara open house digelar di sekolah setempat Jl. Bima Ngemplak, Desa Kalikotes, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten dengan mengusung tema “Temukan Minatmu Exsplore Bakatmu”. Kegiatan menampilkan performe prestasi anak ini dihadiri sekitar 300 siswa dari tingkat TK, SD dan SMP.

Penasihat Yayasan Harapan Insan Mulia, Ponidi mengatakan, diadakannya open house untuk mengenalkan Sekolah Alam Harapan Kita kepada khalayak ramai. Dimana saat ini merebak sekolah Islam terpadu, sehingga tak dipungkiri dari beberapa sekolahan tentunya pasang tarif sangat tinggi.

“Berawal dari keprihatinan itu, kemudian kami beserta rekan-rekan yayasan berupaya menghadirkan sekolah yang berkualitas dan dengan biaya terjangkau bagi kalangan menengah kebawah,” ujar Ponidi, Sabtu (13/11/2021).

Salah satu solusinya, kata dia, yaitu dengan menghadirkan sekolah alam dengan nama sekolah alam harapan kita. Dari konsep sederhana tersebut, menurut dia, tidak memerlukan gedung yang megah, namun hanya diperlukan saung, gazebo atau meja bahkan lesehan pun jadi, yang penting bisa mengolah kreatifitas anak sehingga menyatu dengan alam.

“Kami mengajak seluruh orang tua untuk berpartisipasi membangun pembelajaran ini dalam rangka menyongsong era baru yang sedang bergulir agar anak-anak menjadi generasi yang mampu berkompetensi tanpa menghilangkan wajah budaya dan moral,” tandasnya.

Ia menilai, bahwa ini suatu tantangan membekali mental anak untuk bersaing dengan adab moral yang baik dan Islami. Selain kemandirian, juga mencerdaskan serta membangun kreatifitas tumbuh kembang anak sehingga dalam pembelajaran kurikulum pendidikan nasional bisa menyatu dengan realita yang ada di alam.

“Dalam pembelajaran anak bisa berkolaborasi antara kebutuhan yang ada dikurikulum yang ditetapkan, juga dengan kegiatan alam menyatu dengan anak. Jadi secara teori diteruskan praktek dengan alam,” ungkap dia.

Direktur Sekolah Alam Harapan Kita, Zakiah Darmawati menuturkan, dengan adanya Sekolah Alam ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya. Dengan mengedepankan akhlak, kemempinan, dan kemandirian sebagai nilai-nilai dasar pendidikan.

“Sekolah alam bisa memberikan wadah yang baik untuk orang tua yang menginginkan metode pendidikan yang berbeda tetapi tetap berkualitas untuk anak. Karena program yang ada di sekolah kami meliputi leadership, logika, science, akhlak dan bisnis. Harapannya program ini mencerminkan pembentukan karakter anak,” katanya. Madi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *