Headline

Bumi Perkemahan Tirta Mulya, Destinasi Wisata Baru di Klaten

×

Bumi Perkemahan Tirta Mulya, Destinasi Wisata Baru di Klaten

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Saat liburan sekolah, tentunya banyak komunitas, lembaga pendidikan bahkan keluarga yang memilih untuk berwisata bersama. Biasanya mereka memilih tempat yang ramah anak dan memilik udara yang sejuk.

Bumi Perkemahan Tirta Mulya yang ada di Desa Kalikotes Kabupaten Klaten ini bisa menjadi alternatif tepat untuk wisatawan yang ingin berkumpul dengan keluarga maupun teman terutama yang membawa anak-anak.

Tak hanya menjadi tempat camping keluarga, Bumi Perkemahan Tirta Mulya di Kalikotes tersebut juga bisa menjadi tempat anak-anak mengenal alam dengan nyaman dan santai.

Salah satu pengunjung asal Universitas Negeri (Unnes) Semarang, Nur Cahyanto Haryadi membeberkan bahwa perkemahan di Kalikotes bisa menjadi tempat yang cocok bagi anak muda maupun anak-anak untuk mengenal lebih dekat dengan alam.

“Disini anak-anak bisa belajar mengenal alam, selain tempatnya tidak begitu jauh dari kota Klaten, perkemahan ini juga banyak fasilitas, sehingga kita dapat menikmati berbagai kemudahan untuk mengeksplore alam,” kata dia.

Ia bersama teman-temannya mengadakan malam keakraban dan nge camp meskipun hanya beberapa hari tapi mereka mempelajari alam seperti mengadakan game, api unggun dan kegiatan-kegitan yang menguji adrenalin lainnya.

Selain camping, menurut dia, pengunjung juga bisa melakukan outbound maupun susur sungai di bumi perkemahan tersebut. Apalagi dirinya bersama teman-teman sudah sering berpetualang dengan alam. Dia pun merasa tempat perkemahan Tirta Mulya di Kalikotes sangat cocok dan asyik untuk dieksplore.

“Kalau yang remaja kan sudah pengalaman bahkan ditempat yang ekstrim sekalipun. Namun disini memang lumayan dan tersedia banyak wahana yang bisa digunakan anak untuk melatih motoriknya, soalnya kalau mau bermain di rumah kan tidak mungkin,” ungkapnya.

Pengelola Bumi Perkemahan Tirta Mulya sekaligus Kepala Desa Kalikotes, Ponidi menuturkan, keberadaan bumi perkemahan merupakan salah satu ikon destinasi wisata di Kalikotes yang dipercayakan pengelolaannya oleh BUMDes.

“Tempatnya dibantaran sungai yang indah dan di penuhi pohon besar sehingga terasa nyaman dan sejuk. Hal itu menjadi daya tarik bagi wisatawan maupun lembaga pendidikan untuk menggunakan tempat ini untuk kegiatan outdoor,” ujar dia, Sabtu (13/11/2021).

Bumi Perkemahan Tirta Mulya Kalikotes berdiri sejak tahun 2019 yang lalu. Meski demikian, kata dia, setidaknya sudah ada sebanyak 54 lembaga pendidikan dan berbagai komunitas sudah menggunakan tempat tersebut.

“Rencana pembangunan destinasi wisata ini kedepan akan terus dikembangkan. Setelah jeda waktu pandemi Covid-19 kemarin, seiring berjalannya waktu terus membaik dan menggeliat serta wisatawan baik dalam maupun luar kota berdatangan,” pungkasnya.. Madi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *