Headline

Dispertan Klaten Gelar Pembinaan Gapoktan Terkait Pengelolaan Modal Mikro Pertanian

×

Dispertan Klaten Gelar Pembinaan Gapoktan Terkait Pengelolaan Modal Mikro Pertanian

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Klaten melaksanakan pembinaan terhadap Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Ngemplak Kecamatan Kalikotes, Klaten, Kamis (18/11/2021).

Camat Kalikotes, Sudiyono mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan bagi para petani di sektor bisnis modal pertanian mikro serta pengetahuan terkait kemajuan teknologi alat pertanian.

“Petani juga diharapkan melek Ilmu Tehnologi (IT) khususnya dalam penggunaan Kartu Tani yang harus terhubung dengan perbankan. Selain itu, bisa meningkatkan eksistensi serta terbangunnya sistem dan mekanisme pasar yang terbuka dan adil bagi petani,” terang dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klaten, Widiyanti mendorong peningkatan kompetensi petani dengan melakukan penyuluhan hingga pembinaan, salah satunya pembinaan Gapoktan dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten.

“Target sasaran pembinaan tersebut, petani akan melek teknologi. Kendala klasik yang masih dihadapi petani hingga saat ini yakni ketersediaan pupuk, harga hasil produksi pertanian rendah pasca panen hingga adanya organisme pengganggu tanaman,” jelasnya.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Propinsi Jawa Tengah tercatat ada sebanyak 3.144 petani dan 8.039 Gapoktan diseluruh Jawa Tengah. Dari jumlah tersebut sekitar 74 persen petani berusia 50 tahun dan 59 persen petani lulusan Sekolah Dasar (SD).

Dalam kegiatan pembinaan gabungan kelompok tani (Gapoktan) itu juga membahas terkait aspek administrasi kelembagaan, aspek perencanaan kegiatan, aspek fungsi, pengembangan usaha, pembinaan serta pelaporan modal usaha. Madi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *