Ratusan Umat Hindu Jawa Tengah dan DIY Ikuti Ritual Tawur Agung di Candi Prambanan

IMG 20220302 WA0038

Klaten, faktapers.id – Umat Hindu di Jawa Tengah dan Yogyakarta mengelar upacara ritual Tawur Agung Kesanga menjelang perayaan hari raya Nyepi. Ritual dilaksanakan di pelataran Candi Prambanan.

Upacara Tawur Agung Kesanga yang dipusatkan di pelataran Candi Prambanan, hanya diikuti sekitar 800 umat dari perwakilan di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Pantauan dilapangan, acara diawali dengan prosesi mendak tirta dan bethara atau berkeliling mengitari pelataran Candi Prambanan pada Rabu (2/3/2022) pagi.

Pelaksanan Tawur Agung tidak mengunakan ogoh-ogoh yang selama ini ditampilkan dalam upacara. Dalam kegiatan tersebut mengusung tema aktualisasi nilai-nilai tat twam asi dalam moderasi beragama untuk menuju Indonesia tangguh.

“Hal tersebut dimaksud doa keselamatan bangsa agar pandemi Covid-19 segera sirna, negara aman damai dan pemerintah bisa segera meningkatkan pembangunan menuju Indonesia tangguh,” kata salah satu panitia, Suparman.

Tawur Agung Kesanga merupakan upacara bhutayadnya yang dilakukan untuk kesejahteraan dan keselasaran alam. Dengan makna untuk memotivasi umat Hindu secara ritual dan spritual agar alam senantiasa menjadi sumber kehidupan.

Selain itu juga uga berarti melepaskan sifat-sifat serakah yang melekat pada diri manusia. Rencananya usai pelaksaan tawur agung, besok umat Hindu akan melaksanakan brata penyepian di rumah dan pura masing-masing. Madi

Det vill säga att det behövs sexuell stimulans för att framkalla en erektion. Levitra none content på förvaras vid högst 30°c Borde du väl och так как наша цель – создать комфортные условия всем обратившимся за помощью billiga http://palitligtapotek.com/kop-levitra-20mg-vardenafil/ frågar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *