Jalan Utama Masuk Desa Tigawasa Ditutup, Adat Kerahkan Pecalang, TNI/Polri

IMG 20220402 WA0035

Singaraja,Faktapers.id – Titik jalan masuk Desa Tigawasa ditutup, termasuk jalur utama Desa Labuhan Aji, Kasiasem, dusun Dangin Pure, Njung Sangyang, Cempaga, Pedawa.

Penutupan di titik pintu masuk melibatkan 18 pecalang, TNI Koramil 1609-06/Banjar, Bhabinkam Jajaran Polsek Banjar, pasalnya desa Tigawasa Kecamatan Banjar sedang berlangsung Nyepi Desa yang mana aktivitas masyarakat secara keseluruhan di batasi bahkan tidak diperbolehkan keluar halaman rumah.

Adat Tigawasa memiliki tradisi yang sangat berbeda dengan beberapa desa di Kabupaten Buleleng. Sebelum Nyepi kali ini dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan dilaksanakan du pura Desa seperti meboros Kidang yang digunakan sarana upacara Yadnya.

Nyepi Sabtu (2/4/2022) sangat berbeda pasalnya 2 tahun pandemi melanda bebrapa rangkaian upacara keagamaan ditiadakan tuk menghindari kerumunan.

Kelian Adat Tigawasa yang sekaligus menjabat Kades Made Suadarmayasa mengungkapkan, “Tradisi warisan leluhur meboros adalah rangkaian Nyepi Adat di Desa Adat Tigawasa. Persiapannya dikerjakan oleh krama desa dan perburuan akan dilakukan di hutan desa. Untuk Nyepi desa masyarakat yang akan memasuki jalur desa tidak diberikan seluruh pintu masuk kita tutup untuk menghargai tradisi ini. Sekiranya ada hambatan masyarakat mohon mengurungkan niat karena Nyepi desa kita laksanakan hanya sehari ini saja,”ujar Suadarmayasa

Hari Nyepi Desa merupakan hal yang harus dilaksanakan terkadang setahun sekali maupun 3/4 tahun tergantung keputusan hasil paruman Adat yang disetujui para pemuka desa Tigawasa.

Terkait pengamanan wilayah terutama pintu masuk dari beberapa titik, Koramil 1609-05/Banjar berada di posisi pintu masuk Tigawasa Pedawa, untuk Polsek Banjar pemantauan dilakukan di pada pintu masuk Labuhan Aji-Tigawasa dan Kaliasem-Tigawasa. ds

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *