Tata Areal Parkir Pura Udiyana Samong Babinsa Masyarakat Gotong Royong Bahu Membahu

IMG 20220424 WA0022

Singaraja, Faktapers.id -Pura Udiyana Samong yang terletak di Banjar dinas Taman desa Kayuputih Kecamatan Bajar Kabupaten Buleleng diempon (dimiliki) oleh masyarakat Bali khususnya keturunan Brahmana Kemenuh se-wilayah Bali.

Diketahui Desa yang bernama Desa “Taru Pinghe” (Desa Kayu Putih Sekarang), merupakan wilayah kekuasaan Raja Ki Barak Panji – Daerah Buleleng, kala itu seorang Danghyang Wiraga Sandhi yang tinggal di puri Gelgel Kerajaan Swecapura), dihadang oleh warga Pasek Gobleg.

Diharapkan agar Brahmana tersebut mengurungkan niatnya pulang ke Jawa, dan dimohon agar rela tinggal di Taru Pinge sebagai Pandita, menuntun penduduk dalam mengaplikasikan ajaran agama Hindu serta sebagai pemimpin segala bentuk upacara keagamaan.

IMG 20220424 WA0021Akhirnya Danghyang Wiraga Sandhi berkenan tinggal setelah mendapat restu dari Ki Barak Panji Sakti. Dan Sang Danghyang Wiraga Sandhi di buatkan Pasraman di Samong (Taru Pinge), dan diberi kekuasaan sebagai Pandita oleh Ki Barak Panji Sakti dengan batas dari Kalibukbuk sampai dengan Gilimanuk.

Bertahun -tahun Taru Pinge (Desa Kayuputih) sampai kini berdiri dan masyarakat nyaman serta tentram pembangunan pun bergeliat disegala sisi deaa. Kali ini dilaksanakan perbaikan areal parkir Pura yang menggunakan dana dari swadaya masyarakat pengempon se-wilayah Bali (Punia) yang sudah terkumpul dipanitia pembangunan.

Perbaikan areal Minggu (24/4/2022) diawali dengan kegiatan gotong royong oleh masyarakat pemgempon Pura Udiyana Samong. 120 orang masyarakat melakukan pengurugan matrial dari tanah di areal parkir yang nantinya akan diperkeras menunggu anggaran mencukupi.

Ditengah tengah kegiatan tersebut hadir juga Babinsa Koramil 1609-06/ Banjar Desa Kayuputih Sertu Ida Putu Ardana, Bhabinkam Polsem Banjar yang ikut bahu membahu melaksanakan kegiatan gotong royong tersebut warisan leluhur kita yang perlu di pertahankan dan disisi lain juga untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Ketua Pengempon Pura Udiyana Samong Ida Bagus Komang Ukir sangat mengapresiasi kehadiran Babinsa Kayuputih dalam kegiatan tersebut,

“Babinsa, Bhabinkam desa Kayuputih yang selalu ada ditengah- tengah masyarakt kami untuk melaksanakan berbagai kegiatan selain memberikan semangat warga juga sangat terpacu untuk menuntaskan suatu pekerjaan,” terangnya. ds

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *