Desa Sudaji Berbenah, Jelang Masuk 10 Besar Desa Wisata Diajang ADWI 2022

IMG 20220530 WA0003

Singaraja, Faktapers.id – Desa Sudaji merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Desa Sudaji memiliki luas wilayah 1834,55 hektar dengan pertanian modern

Desa Sudaji masuk kategori 7 Katergori dari,dari 20 desa wisata di Bali yang masuk dalam 500 besar ADWI 2022 dan 8 desa di Buleleng diantaranya Les, Giri Emas, Julah, Munduk, Sudaji, Bondalem, Sambangan, dan Panji Eco Village.

Delapan desa wisata yang ada di Kabupaten Buleleng terdaftar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI TH 2022. Namun untuk mendapatkan pencapaian hasil, desa wisata harus melewati serangkaian tahapan dengan 7 kategori penilaian. Selanjutnya, desa-desa yang masuk dalam 500 besar diumukan pada Selasa, 19 April 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

IMG 20220530 WA0004

Teknis penilaian Lomba ADWI dilihat dari website tersebut dan adanya pengecekan langsung kelapangan. Kades Sudaji Made Ngurah Fajar Kurniawan kepada awak media Minggu (29/5) usai bersih-bersih lingkungan bersama warganya mengungkapkan,”Kita sedang siapkan diri dalam menyambut ajang ADWI TH 2022 dan sudah kita siapkan tahap demi tahap. Diberikan waktu singkat ini kami Pemdes tetap berkoordinasi dengan lembaga Desa Wisata (Pokdarwis) yang ada di Sudaji, selain itu tetap kita koordinasi dengan instasi Pemkab Buleleng dalam hal ini Bupati Buleleng, “ jelas Ngurah Fajar.

Bupati Buleleng Agus Suradnyana diakhir masa jabatanya disebutkan Kades Ngurah Fajar tetap memberikan support tersebut, “Bupati Buleleng juga sudah mensuport kami dalam kegiatan yang telah kami siapkan sehingga kekurangan itu dapat kami siapkan sebelum dinilai.

Gede Suharsana selaku Ketua Fokdarwis Desa Sudaji, didampingi Kades dan Praktisi Pariwisata Ketut Susana mengungkapkan kesiapan yang dihadapi dalam dua minggu ini “Semua Kreteria sudah kita ikut, bahkan keunggulan dari desa wisata Sudaji sudah. Apa yang diberikan dari 7 kategori sudah kita matangkan. Sejak kemarin sudah kita tata dari kebersihan lingkungan seluruh desa sampai tempat sampah. Karena ini membawa nama Buleleng tentu dorongan dari dinas pariwisata juga sudah kita laksanakan”papar Suharsana.

Keunggulan dari Desa Sudaji cukup menjanjikan dan pantas mendapatkan juara 1 tingkat Nasional dalam lomba ADWI 2022 untuk mengelo desa sehingga Sudaji semakin dinikmati wisatawan mancanegara. “Kita berfokus pada alam dan budaya yang kita miliki sehingga kearifan loka ini betul termaksimal. Seperti atraksi Bukakak yang sangat sacral, Rumah tua persawahan, Hutan”ujar Suharsana.

Dikabarkan Menteri Pariwisata 13 Juni 2022 rencananya akan datang ke Desa Sudaji melihat langsung kondisi Desa tersebut bersama tim juri.

Sementara Ketut Susana (Zanzan) pelaku pariwisata Sudaji (Om Unite) yang sudah terkenal dan memiliki kemampuan yang sangat cukup juga memaparkan kondisi desa Sudaji, “Yang paling penting konsef petahelik dengan mempertemukan lima unsur menjadi satu yakni Academician (Akademisi), Business (Bisnis), Community (Komunitas), Government (Pemerintah) dan Media (Publikasi Media). Kami sudah sepakat Desa Sudaji bermain seperti Tri Sula, dari 7 kategori ada 3 unggulan. Salah satunnya keunikan bangunan dengan berbagai konbinasi atau varian seperti Virus (Desa Virus), “ pungkas Susana.ds

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *