DaerahSulawesi

176 Pramuka Gowa Ikut Seleksi Jambore Nasional

×

176 Pramuka Gowa Ikut Seleksi Jambore Nasional

Sebarkan artikel ini

Gowa, Faktapers.id -Sebanyak 176 Pramuka dari perwakilan 18 Kwartir Ranting (Kwarran) wilayah Kabupaten Gowa saling berkompetisi dalam seleksi Jambore Nasional XI Tahun 2022 di Bumi Perkemahan HM Yasin Limpo Cadika, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sabtu (14/5).

Peserta dalam kegiatan ini adalah Pramuka penggalang yang telah memenuhi syarat minimal Penggalang Rakit dengan total peserta putra sebanyak 72 orang, putri 73 orang, pendamping putra 17, dan pendamping putri 14 orang.

“Pramuka yang hadir disini adalah perwakilan Pramuka Penggalang terbaik dari Kwarran masing-masing dan kalian semua adalah yang terbaik di Kabupaten Gowa. Berkompetisilah secara sehat dalam seleksi ini,” ujar Wakil Bupati Gowa sekaligus Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat membuka kegiatan seleksi Jambore Nasional XI Tingkat Kwarcab Gowa.

Wakil Bupati Gowa dua periode ini meminta kepada para pembina dan pelatih yang ditunjuk sebagai tim seleksi untuk melakukan penilaian dengan seadil-adilnya dan sejujur-jujurnya, karena peserta yang hadir saat ini adalah penentu nasib bangsa dan Kabupaten Gowa 10-20 tahun yang akan datang.

“Kita adalah Pramuka yang diserahi amanah untuk melanjutkan kepemimpinan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Maka lewat Jambore Nasional dan kegiatan kepramukaan lainnya, kita bersama-sama mempersiapkan diri untuk melanjutkan pembangunan,” terangnya.

Lanjut Karaeng Kio’ sapaan akrabnya, Dasa Darma pertama menunjukkan bahwa Pramuka adalah insan yang berketuhanan dan sebagai orang Islam meyakini kalau kita melakukan segala sesuatunya dengan bersandar kepada Allah SWT maka lakukanlah dengan kekuatan “Bismillah” maka pasti akan diridhai dan diberkahi Allah SWT.

“Hal ini seiring dengan tujuan Jambore Nasional XI Tahun 2022 yakni membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan
kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan
pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka,” sambungnya.

Lanjutnya, saat ini Pemerintah Kabupaten Gowa telah mendorong pembinaan Gerakan Pramuka dengan melakukan pembangunan dan penataan Bumi Perkemahan HM Yasin Limpo sebagai Pusat Pendidikan Gerakan Pramuka di Kabupaten Gowa yang pembangunannya dilakukan secara bertahap hingga 2024 nanti.

“Setelah seleksi Jambore Nasional ini tentu akan dilanjutkan dengan kegiatan berikutnya, seleksi Jamnas ini bukan hanya untuk ke Jamnas saja. Tapi jadikan seleksi ini sebagai tempat membina diri menuju Pramuka Garuda, dan mudah-mudahan suasana terus membaik dan Jambore Cabang bisa kita laksanakan pada tahun ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Jambore Nasional XI Kwarcab Gowa, Mulyadi Mahmud mengatakan bahwa materi seleksi yang dilakukan nantinya berupa seleksi administrasi, tes wawasan kepramukaan, tali temali, sandi, isyarat semapor dan morse, LKBB, jelajah alam, tes bakat, serta tes wawasan

“Tujuan dibentuknya gerakan kepanduan ini sebagai pembentukan karakter pemuda telah dibangun secara turun temurun. Sehingga Gerakan Pramuka terus memberikan kontribusi nyata dalam proses pembangunan nasional. Salah satu ajang pembentukan karakter tersebut adalah di Jambore Nasional,” tuturnya.

Untuk diketahui, Pramuka yang lolos pada seleksi ini nantinya akan mengikuti Jambore Nasional XI di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta untuk mewakili Kwarcab Gowa pada tanggal 14-21 Agustus 2022 mendatang.*/Kartia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *