Diskes Kolinlamil Gelar Latihan Fungsionsl Kesehatan

IMG 20220525 WA0007

Jakarta, faktapers.id – Dinas Kesehatan Komando Lintas Laut Militer pada Triwulan II tahun 2022 menggelar Latihan Fungsional Kesehatan dengan melibatkan personel Diskes Kolinlamil dan perwakilan prajurit dan PNS dari satker-satker di jajaran Kolinlamil di ruang Aula Diskes Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (24/5).

Latihan fungsional dilaksanakan dengan 2 metode, yaitu metode pengajaran atau teori dan praktek lapangan. Sebagai instruktur, ditunjuk beberapa tenaga kesehatan dari Diskes Kolinlamil untuk berbagi kemampuan dan pengetahuannya.

IMG 20220525 WA0005 1

Kegiatan latihan fungsional kesehatan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) Slamet Rahardja. Dalam pembekalan yang disampaikannya sebelum instruktur menyampaikan materi latihan, Kadiskes Kolinlamil menyampaikan pentingnya pengetahuan dan kemampuan untuk memberikan pertolongan pertama pada seseorang yang mengalami kecelakaan atau hal lain terkait dengan kondisi kesehatannya. Pertolongan pertama sangat mempengaruhi hasil dari pertolongan lanjutan yang dilakukan oleh tenaga medis.

“Prinsip pertolongan pertama adalah cepat dan tepat. Berbekal pengetahuan yang nantinya akan disampaikan oleh para instruktur, saya sangat berharap para peserta mampu mempraktekkannya dengan baik dan benar dalam memberikan pertolongan pertama bilamana terjadi kecelakaan pada keluarga atau seseorang di lingkungan sekitarnya saat menunggu tim kesehatan datang.” tandas Kadiskes Kolinlamil.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma di sela-sela kesibukannya menyampaikan perhatiannya akan latihan fungsional yang diselenggarakan oleh Diskes. Materi yang disampaikan seperti penguasaan peralatan kesehatan, pengetahuan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan pengetahuan administrasi medis dan bantuan hidup dasar (BLS) sangat bermanfaat bagi seluruh peserta latihan dalam mensikapi serta aksi pendahuluan guna menyelamatkan seseorang sehingga korban tidak mengalami kondisi yang lebih parah.

Latihan adalah salah satu hal yang menjadi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono. Latihan adalah salah satu upaya untuk membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional. Han

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *