Peringati Hari Sepeda Dunia, Wali Kota dan Gubernur Bersepeda Menuju Lapangan Banteng

IMG 20220603 WA0029

Jakarta, Faktapers.id – Memperingati World Biycycle Day 2022 atau Hari Sepeda Dunia yang jatuh pada hari ini Jumat (3/6/2022), Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersepeda bersama Bike20 Jakarta Cycling Diplomacy, dari Terowongan Kendal menuju Taman Lapangan Banteng.

Anies mengatakan Jakarta menghadapi efek dari global warming yang salah satunya penyebabnya adalah polusi udara yang masif oleh karena itu, perlu bersama-sama mengatasi problem lingkungan itu dengan melakukan aksi di tingkat lokal.

“Kami melakukan dengan membangun transportasi umum supaya masyarakat bisa secara nyaman melakukan mobilitas menggunakan transportasi umum bukan kendaraan pribadi, jangkauannya sekarang sudah 82 persen dibanding tahun 2016 sebesar 42 persen,” katanya.

Anies menjelaskan selain mentransformasikan angkutan umum dari berbasis BBM berubah menjadi berbasis listrik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga mendorong sepeda untuk mobilitas yang merupakan kendaraan bebas emisi.

“Saat ini sudah terbangun lebih dari 90 kilometer jalur sepeda nanti diharapkan akan bisa mendapatkan kurang lebih 500 kilometer Jalur sepeda di Jakarta sehingga, dapat mengurangi jumlah polutan,” ucapnya.

“Harapannya Jakarta menjadi kota yang sehat dan ramah lingkungan,” harapnya.

Dalam kegiatan yang diawali dengan Groundbreaking Jakarta Experience Board (JXB) Bike Lounge yang berada di atas Terowongan Kendal juga dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Sekretaris Daerah Marullah Matali, para kepala dinas, dan para duta besar negara sahabat.

Rencananya JXB Bike Lounge yang akan menjadi titik kumpul pesepeda Jakarta ini dilengkapi dengan fasilitasi penunjang bagi pesepeda yang meliputi smart toilet, fasilitas mandi, tempat penyimpanan barang-barang pribadi, bengkel workshop, cucian sepeda, perlengkapan sepeda, spot istirahat, dan hangout pasca-bersepeda serta UMKM Corner. Tajuli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *