Selatan Perairan Karangasem Dikepung Sat Pol Airud, Uji Coba KP XI – 2014

IMG 20220613 WA0092

Karangasem, Faktapers.id –Dengan Rampungnya giat perawatan rutin tahunan terhadap KP XI – 2014  inventaris dari Sat Polairud Polres Karangasem.

Kasat Pol AKP Gusti Bagus Suteja Senin (13/6) Danpal KP XI – 2014 Aipda I Gede Nuada, S.H., dan ABK didampingi Teknisi melaksanakan harwat dari CV Suka Jaja.

Kegiatan Sea Trial atau mencoba performa kapal usai perawatan sebagai hasil evaluasi kegiatan harwat.

Pelaksanaan Sea Trial dilaksanakan di perairan selatan Manggis hingga selatan perairan Bugbug pada koordinat S 8°33’54”    E 115°34’02.4384″.

Sea Trial dilaksanakan dengan memacu kecepatan putaran  5000 rpm untuk memastikan kecepatan maksimum kapal, melalukan pengoprasian komponen kelistrikan dari lampu navigasi, lampu rotator, sepiker, radar dan pompa air serta pengecekan kondisi power stering (seluruh komponen yang dilakukan perawatan).

Menurut Aipda I Gede Nuada kegiatan Sea Trial ini rutin dilaksanakan usai perawatan oleh rekanan sebelum diserahkan kepada Sat Polairud Polres Karangasem sebagai pengguna KP.XI- 2014.

Dari uji coba performa kapal untuk peralatan kelistrikan sudah berfungsi normal, dan kecepatan maksimum 45 kenot  sudah tercapai pada putaran 5000 rpm dengan dua unit mesin 150 PK.

Kasat AKP Gusti Bagus Suteja mengungkapkan usai anggotanya melaporkan kegiatan tersebut, “Hal ini dapat tercapai dengan kondisi body bawah kapal sudah bersih serta adanya beberapa komponen mesin yang dilakukan penggantian dan perawatan serta didukung cuaca dan perairan yang landai,”paparnya

Kegiatan Sea Trial yang berlangsung kurang lebih 2 jam juga dilaksanakan untuk mengontrol situasi kamtibmas perairan sepanjang jalur Sia Trial yang juga merupakan Kawasan wisata perairan  dan Alur Pelayaran penyeberangan Kapal Ferry.

Lanjut AKP Gusti Bagus Suteja,”Dari pantauan perairan siang hari ini giat wisata cukup ramai pada poin-poin dive di seputaran Gili Tpekong, Labuhan, dan Bloowlagon Padangbai.

Kita harapakan para pemandu wisata untuk selalu menjaga keamanan dan keselamatan dalam beraktivitas di laut, sehingga dapat menekan terjadinya laka laut maupun kriminal lainya,”jelas AKP Bagus Suteja. ds

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *