Cegah PMK, Koramil 1609-05 Sukasada Libatkan Stake Holder

IMG 20220721 WA0015

Singaraja, Faktapers.id – Selain manusia hewan pun kini harus di vaksinasi. Merebaknya penyakit PMK terhadap hewan ternak pemerintah harus berupaya keras mengatasi masalah tersebut.

Seperti Vaksin dan pemeriksaan hewan jenis Sapi di Banjar Dinas Batupulu Desa Panji Anom Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Kamis (21/7) pukul 10.55 wita dalam pencegahan dan penularan wabah virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang dihadiri Dinas Pertanian dan Kesehatan, Danramil sukasada Kapten Arh Gede Buktiana, Bhabinkam Polsek Sukasada, Kades Desa Panji Anom, Drh Dewa Budi Adyana, Drh Wahyu, Ketua Gapoktan dan warga masyarakat peternah sapi.

IMG 20220721 WA0016

Vaksin ditarget 200 ekor dalam sehari, keterlibatan Babinsa, dan Bhabinkam sangat diharapkan kepada peternak agar melakukan usaha pencegahan dengan menjaga kebersihan kandang dan pemberian tambahan obat/vitamin ternak.

Warga dihimbau agar tidak menunggu penanganan dari pemerintah dengan melaksanakan pencegahan terlebih dahulu seperti membeli obat desinfektan dan melaksanakan penyemprotan dengan kesadaran sendiri dikarenakan dukungan obat belum cukup untuk seluruh ternak yang ada.

Danramil 1609-05 Sukasada Kapten Arh Gede Buktiana ditemui awak media mengungkapkan, terhadap pelaksanaan vaksin di wilayah Sukasada.

“Kami perintahkan personil/Babinsa untuk mengecek sapi warga yang terindikasi sakit sementara untuk dipisahkan dengan yang sehat. Untuk kandang warga agar di bantu penyemprotanya sembari menunggu vaksin sehingga pelaksaan itu betul maksimal dalam mencegah penyakit PMK,”jelas Kapten Arh Buktiana. ds

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *