Bupati Gowa Dampingi Pangdam XIV Hasanuddin Resmikan Koramil Bontonompo

Dinilai Koramil Terbaik se-Sulawesi Selatan

IMG 20220823 WA0015

Gowa, Faktapers.id —- Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mendampingi Pangdam XIV Hasanuddin, Andi Muhammad meresmikan langsung Kantor Koramil 1409-08 Bontonompo, Kodim 1409 Gowa yang baru. Hal itu ditandai dengan penandatanganan prasasti, Senin (22/8).

Adnan mengatakan bahwa Kantor Koramil Bontonompo merupakan hasil dari relokasi lahan. Dimana dulunya Kantor Koramil lama berdekatan dengan Rumah Jabatan Camat Bontonompo.

Selain itu ia menilai, Kantor Koramil Bontonompo ini adalah yang terbaik atau paling bagus di Provinsi Sulawesi Selatan bahkan mungkin di Indonesia Timur. Sebab dari pengalaman kunjungannya di beberapa Kantor Koramil yang ada diakuinya kantor tersebutlah yang paling bagus.

IMG 20220823 WA0014

“Karena saya asli orang Bontonompo maka saya berkewajiban membuat Kantor Koramilnya lebih bagus. Karena itu, izinkan kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Pangdam dan seluruh jajaran Kodam XIV Hasanuddin,” katanya.

Ia menyebutkan, Kantor Koramil lama sengaja di pindahkan sebab lahannya digunakan Pemerintah Kabupaten Gowa sebagai lokasi pembangunan Rumah Sakit Pratama. Hal ini dilakukan agar pemerintah daerah bisa maksimal melayani masyarakat di sekitar wilayah tersebut.

“Pembangunan rumah sakit ini memang membutuhkan lahan yang cukup luas, dan saat ini baru selesai pembangunannya tahap pertama. Insya Allah tahun depan akan kami lanjutkan dan akan kami rampungkan secara keseluruhan. Sehingga pada 2024 nanti sudah siap untuk melayani masyarakat Kabupaten Gowa khususnya melayani masyarakat Bontonompo dan juga Bontonompo Selatan,” ujar Adnan.

Ia menjelaskan, lahan Kantor Koramil yang lama memiliki luas kurang lebih 700 meter persegi. Sementara luas lahan yang digantikan pada proses relokasi lahan sekitar 1.300 meter persegi.

Dimana lanjutnya, untuk penganggarannya menggunakan APBD sekitar Rp5 miliar untuk pembangunan Kantor Koramil sekaligus rumah-rumah dinas untuk Danramil dengan seluruh jajarannya.

“Jadi hampir dua kali lipatnya Bapak Jendral kami gantikan. Inilah yang membuat Pak Danramil Bontonompo belum mau pindah-pindah dari tempat ini. paling tidak dia nikmati dulu katanya kantor baru ini,” terangnya.

Sementara, Pangdam XIV Hasanuddin menyampaikan bahwa pembangunan Koramil ini adalah hasil Relokasi Lahan (Reslah) dari Kabupaten Gowa yang awalnya Kantor Koramil ini berada di lokasi yang berbeda.

Menurutnya, sesuai dengan apa yang di sampaikan Bapak Bupati Gowa, tentunya pemindahan lahan ini melalui kajian yang mendalam.

“Perlu saya sampaikan kepada kita semua bahwa reslah di dalam lingkungan TNI atau institusi dalam hal ini pemerintah daerah itu sebenarnya ada prosesnya tidak mudah. Prosesnya lumayan panjang dan Alhamdulillah akhirnya sudah selesai baik secara administrasi maupun fisiknya,” ungkapnya.

Selain itu, Andi Muhammad juga menyampaikan bahwa reslah ini salah satu bentuk daripada pengabdian prajurit TNI manakala pemerintah daerah membutuhkan sesuatu untuk kemaslahatan masyarakat, umat dan lainnya.

“TNI AD akan bersedia jika memang itu adalah untuk kemaslahatan masyarakat. Jangankan berupa tanah nyawanya pun kalau diminta akan diberikan,” tegasnya.

Ia mengaku Kantor Koramil ini merupakan kantor yg terbaik bukan hanya di Sulawesi Selatan, tetapi di seluruh Indonesia. Sebab dibangun dengan desain yang cukup megah.

“Tentunya dengan bangunan yang begitu megah ini saya ucapkan terima kasih. Karena betul-betul proses reslah ini adalah ganti untung, sebab sudah tanahnya lebih luas kantornya pun di bangunkan lebih bagus dari bangunan lama,” katanya.

Dirinyapun berharap dengan keberadaan Kantor Koramil yang nyaman tentu kinerja seluruh anggota di jajaran Koramil Bontonompo ini harus lebih baik dari koramil yang lainnya.*/Kartia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *