Mudahkan Masyarakat, UP PKB Kedaung Angke Gunakan Teknologi Digital

IMG 20220826 WA0012

Jakarta, Faktapers.id – Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Kedaung Angke, Cengkareng, Jakarta Barat siap memberikan pelayanan prima serta professional bagi para pemohon uji kir kendaraan di UP PKB Kadaung Angke.

Ha itu disampaikan Kepala UP PKB Kedaung Angke, Christianto, saat menerima kunjungan audiensi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Koordinatoriat Jakarta Barat, Selasa (16/8).

“Kami akan selalu memberikan pelayanan semaksimal mungkin sesuai dengan aturan dan perundangan yang berlaku,” ujar Christianto.

Christainto mengatakan, saat ini penataan pelayanan pengujian kendaraan bermotor dari sarana dan prasaran serta berbankan, mulai dari antrian online, sistim pembayaran, sistim integrasi, bukti lulus uji elektronik, informasi hasil uji dan sarana dan prasaran pendukung semua berbasis digitalisasi.

Untuk daftaran antrian kata dia, unit pengelola PKB telah menerapkan booking uji online. Hal ini untuk memudahkan pemilik KBWU menentukan waktu booking yang tersedia.

Kemudian lanjut dia, untuk pembayaran retribusi yaitu pembayaran melalui virtual account Bank DKI secara cash less.

Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, EDC, maupun mobile banking yang sudah terintegrasi dengan sistem informasi manajemen pendapatan asli daerah (SIMPAD).

“Hal ini untuk mencegah terjadinya pungutan liar (pungli),” tegasnya.

Sementara itu lanjutnya, sistim integrasinya, UP PKB telah terintegrasi dengan kementerian perhubungan, dinas komunikasi dan informatika (Diskominfo), antar alat uji dan antar wilayah pengujian kendaraan motor di DKI Jakarta.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk bukti lulus uji, pihaknya tidak menggunakan buku konvensional seperti dulu, akan tetapi akan diberikan secure access module (SAM) yaitu pengesahan digital sign (DS) dan radio frequency identification (RFI) berbentuk smart card

“Bentuknya seperti kartu ATM dan sejenisnya,” imbuhnya.

Pengggunaan smart card ini, menurut dia akan memudahkan petugas untuk pengawasan di lapangan.

Dengan menggunakan smart card petugas bisa melakukan pengecekan hanya dengan menggunakan Aplikasi Cek KIR Jakarta yang bisa diunduh di Playstore

Dengan demikian kata dia, petugas dapat mengetahui data kendaraan tersebut menggunakan Aplikasi Cek KIR Jakarta yang telah terinstal di HP Android dengan cara memindai QR-Code yang telah ditempelkan pada kaca depan sebelah kiri kendaraan.

“Jadi dengan hadirnya digitaliasi, semua serba transfaran,” ujarnya.

Christianto mengatakan, untuk sarana dan prasana gedung UP PKB Kedaung Angke saat ini sudah sangat families ada ruang tunggu ramah anak yang sejuk, ada arena bermain untuk anak-anak kecil dan disediakan juga raung untuk menyusui.

Sementara itu untuk uji kendaraan bermotor telah dilengkapi dengan teknologi modern yang mutakhir.

Ia merinci mulai dari identifikasi dan pemeriksaan teknis, uji emisi gas buang, speedometer, side slipe dan brake tester (rem) pemeriksaan bagian wabah kendaraan (kolong) dan lampu atau headlight dan sound level (suara kendaraan).

“Semua menggunakan alat teknologi digitaliasi modern, jadi hasilnya sangat akurat,” ujarnya.

Ia berjanji UP PKB Kedaung Angke akan selalu memberikan pelayanan secara profesional kepada masyarakat, agar kendaraan-kendaraan mereka bisa layak operasi di jalan raya dan terhindar dari hal-hal yang tidak diingingkan di jalan raya.

Hadir dalam audiensi Ketua PWI Koordinatoriat Jakarta Barat Kornelius Naibaho beserta Sekretaris Mubinoto Amy.

Sementara dari UP PKB Kedaung Angke ada Kepala UP PKB Kedaung Angke Christanto, Kasubag TU Teddy Deniska, Kasatpras Ade Indra dan Kasatpel Pelayanan Aksan Eka Pramudi. Juga hadir dari Tim Unit Jatanras Polres Metro Jakarta Barat. red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *