Satpol PP Bentuk Relawan Tramtibum di Wilayah Jakpus

IMG 20220910 WA0030

Jakarta, Faktapers –Satpol PP DKI Jakarta melakukan pembentukan Relawan Masyarakat Peduli Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Tramtibum) di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Pembentukan relawan ini berlangsung di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (8/9/2022).

Wakil Kepala Satpol PP DKI Jakarta Sahat Parulian mengatakan, latar belakang kegiatan sosialisasi ini karena derasnya arus urbanisasi pada setiap tahunnya di Ibu Kota Jakarta yang berdampak pada munculnya berbagai macam persoalan sosial. Misalnya, adanya pedagang kaki lima di trotoar, taman, kemudian adanya tunawisma, pengamen, dan lain-lain.

“Jadi pembentukan relawan peduli Tramtibum ini dalam rangka kolaborasi antara Satpol PP dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Satpol PP mempunyai tugas di antaranya, ketentraman dan ketertiban serta perlindungan masyarakat. Kalau semuanya itu menjadi tugas Satpol PP tanpa melibatkan masyarakat pasti tugas dan fungsi itu sulit diemban,” jelasnya.

Menurutnya, tugas relawan Tramtibum ini adalah menjalin aspirasi masyarakat, memberikan edukasi, melakukan sosialisasi bersama-sama dengan Satpol PP.

“Saya berharap masyarakat dapat bergabung dalam relawan Tramtibum agar persoalan terkait ketentraman dan ketertiban bisa diminimalisir. Karena edukasi penyuluhan itu masyarakat sendiri yang harus ikut sebagai partner kita di lapangan,” tandas Sahat.

(Zul/Tajuli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *