Upacara Peringatan Rapat Raksasa IKADA, Pembuktian Eksistensi Rakyat

IMG 20220919 WA0011

Jakarta, Faktapers.id – Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma memimpin Upacara Peringatan Rapat Raksasa IKADA (Ikatan Atletik Djakarta) Tahun 2022.

Upacara tersebut berlangsung di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (19/9/2022).

Dalam upacara peringatan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, wali kota menyampaikan langsung amanat yang diberikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan kepada seluruh ASN, di lingkungan Pemerintah (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat tentang pentingnya semangat gotong-royong dalam pelaksanaan pembangunan di ibu kota.

“Bahasa kita saat ini adalah kolaborasi, bahwa setiap orang, setiap rakyat memiliki rasa kemerdekaan yang merupakan ikhtiar bersama bukan hanya program pemerintah. Jadi, rakyat saat itu tidak menonton pemerintah yang sedang berperang melawan penjajah, mereka terlibat langsung, mereka turun tangan, turun ke jalan, bahkan banyak dari mereka hanya bermodalkan senjata sederhana,” ujar Dhany menceritakan perjuangan rakyat pada masa memperebutkan kemerdekaan.

Kemudian, Dhany melanjutkan, peristiwa peringatan Rapat IKADA yang diperingati setiap tanggal 19 September merupakan momen penguatan pemahaman, bahwa penegakan dan kedaulatan republik ini bukan sekadar tentang pembuktian eksistensi negara melainkan juga eksistensi rakyat.

Berangkat dari semangat daulat rakyat, Jakarta di setiap pembangunannya selalu berusaha untuk melibatkan dan menempatkan keberpihakan terhadap rakyat banyak serta berkolaborasi dengan rakyat.

“Kita sadar bahwa urusan di Jakarta ini tidak bisa selesai dan tuntas bila hanya berpaku kepada pemerintah semata, rakyat benar-benar harus terlibat dan dilibatkan dalam urusan urusan penting seperti pembangunan. Karena pembangunan Jakarta hadir dengan semangat memberikan kesejahteraan, kemakmuran, keadilan, kecerahan masa depan secepat- cepatnya kepada rakyat,” lanjutnya.

Di akhir pidatonya, Dhany mengajak seluruh peserta upacara untuk memohon dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar senantiasa diberikan bimbingan dan petunjuk dalam mengisi kemerdekaan dan menjadikan Jakarta yang maju kotanya bahagia warganya. (Zul/Tajuli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *