Jawa

Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Kebutuhan Pokok di Klaten Aman

×

Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Kebutuhan Pokok di Klaten Aman

Sebarkan artikel ini

Klaten, Faktapers.id – Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perdagangan (DKUMKP) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah memastikan stok kebutuhan pokok di daerahnya menjelang Natal dan Tahun Baru aman, bahkan untuk beras mengalami surplus.

“Untuk stok kebutuhan pokok kami pastikan di Kabupaten Klaten saat ini masih aman,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perdagangan (DKUMKP) Kabupaten Klaten, Anang Widjatmoko, Rabu (30/11/2022).

Ia mengatakan berdasarkan pantauan di beberapa lokasi, baik di pasar tradisional, modern, dan lainnya kondisi stok kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak, bawang merah, telur, dan daging ayam dalam keadaan stabil.

“Untuk hari ini saja seperti yang saya laporkan ke Ibu Bupati beberapa komoditas memang sedikit mengalami kenaikan namun tidak signifikan atau masih dalam batas kewajaran. Akan tetapi beberapa komoditas yang lain harganya cenderung bertahan dan stabil,” bebernya.

Lebih lanjut, Anang menjelaskan, untuk cabe merah besar kenaikannya 3000 per kilogram sekarang menjadi Rp25 ribu per kilogramnya, cabe rawit merah dari Rp36 ribu per kilogram naik Rp3 ribu, untuk beras masih stabil harganya IR 64 masih diangka Rp10 ribu lima ratus per kilogram, C4 masih diangka Rp11 ribu per kilogramnya.

“Untuk minyak goreng premium saat ini harganya masih di angka Rp19 ribu per liternya, untuk minyak goreng curah Rp13 ribu per liternya, artinya kenaikan masih dinilai wajar belum perlu adanya operasi pasar,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Lurah Pasar Darurat Kabupaten Klaten, Purwadi menambahkan, meski ada kenaikan sejumlah komoditas kebutuhan pokok namun pasokan di pasar darurat klaten masih lancar.

“Kenaikan sejumlah komoditas kebutuhan pokok menjelang akhir tahun kemungkinan disebabkan karena faktor cuaca, sehingga terjadi keterlambatan dalam pengiriman dan mempengaruhi stok barang tersebut,” ujarnya. (Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *