Headline

Terkait Peristiwa di Kalideres, Kornel: Stop Menggiring Opini!

×

Terkait Peristiwa di Kalideres, Kornel: Stop Menggiring Opini!

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Tewasnya empat anggota keluarga di Perumahan Citra Garden Ext 1, Kalideres, Jakarta Barat menuai banyak spekulasi negatif yang memojokan kepemimpinan Yani Wahyu Purwoko sebagai Walikota Jakarta Barat.

Sejumlah kalanganpun seakan berlomba-lomba untuk mengkritisi kepemimpinan Yani yang dianggap lalai dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin Kota Administrasi Jakarta Barat.

Padahal kritikan itu tidak didasarkan pada logika tentang penyebab kematian yang sebenarnya.

Demikian diungkapkan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Koordinatoriat Jakarta Barat Kornelius Naibaho saat menanggapi banyak berita opini miring yang beredar di media massa.

Kornel berpendapat, mengkritik boleh, tapi jangan ‘membabi buta’ dan dangkal dalam pola berpikir logika.

“Jika mau mengeluarkan statement seharusnya pelajari dulu keadaan dan kejadian yang sebenarnya. Bila perlu terjung langsung ke lokasi kejadian,” ujar Kornel, kepada wartawan, Senin (14/11).

Kornel juga menyayangkan, sejumlah media massa yang meminta statement para praktisi yang kemudian mengait-kaitkan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta dalam persitiwa itu.

“Lah, ini apa korelasinya antara APBD dengan peristiwa di Perum Citra 1? Gak nyambung mengkaitkan peristiwa itu dengan APBD, apakah yang meninggal itu orang tidak mampu ?” ujarnya.

Kornel menjelaskan, bahwa kematian empat orang itu, menurut dokter memang benar tidak ada asupan makanan dan minuman selama berhari-hari. Tapi, menurut Kornel, bukan berarti kelaparan karena tidak ada yang di makan. Bisa juga karena sudah tua renta dan berpikir mau mengakhiri hidupnya dengan cara itu. Apalagi, mereka menetap di perumahan yang tergolong kawasan elit di Jakarta Barat.

“Lain halnya kalau peristiwa ini terjadi di daerah perkampungan padat penduduk, bisa tuh RT, RW, Lurah, Camat sampai Wali Kota disalahin,” ujarnya.

Kornel berharap agar media massa untuk menghentikan menulis opini dengan menyalahkan Walikota dalam peristiwa ini.

“Tunggu hasil investigasi dari pihak kepolisian saja. Dan media massa dan wartawannya harus profesional, tidak menggiring suatu peristiwa menjadi opini, hanya untuk mengejar pembaca namun merugikan pihak lain,” tegas Kornel.

Sebelumnya diberitakan empat oramg anggota keluarga di Perumahan Citra Garden 1 Ext, Kalideres, Jakarta Barat ditemukan meninggal kekeringan, pada Jumat (11/11).

Mereka adalah Rudianto (71), Margareta (58), Budianto (69), dan Dian (40).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *