Dewan Pendidikan Klaten Dorong Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu

IMG 20221220 WA0088

Klaten, faktapers.id- Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Klaten, Budi Sasongko, menegaskan bahwa hingga saat ini peran komite sekolah semakin tidak kelihatan dan memprihatinkan.

Hal ini disampaikan usai membuka acara Seminar Penguatan Kapasitas Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah, bertempat di Aula Gedung SMP Negeri 2 Klaten, Selasa (20/12/2022).

Menurut dia, dengan meningkatnya tantangan di dunia pendidikan, juga menuntut peningkatan partisipasi peran komite untuk membantu sekolah semakin tampak lebih baik dan bermutu.

Sementara ini, kata Budi Sasongko, komite sekolah sebagai representasi masyarakat dan representasi wali murid belum semuanya melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai yang diamanatkan oleh Undang-Undang.

“Maka dari itu, bersama Dewan Pendidikan Klaten mengajak Komite Sekolah untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Klaten, termasuk didalamnya ada pendidikan gratis di Permendikbud No.75 Tahun 2016,” ujarnya.

Nantinya, lanjut dia, para komite sekolah yang hadir ini diberi pemahaman kembali terkait tugas dan fungsinya. Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

“Yang jelas, keberadaan Dewan Pendidikan disini siap mendorong dan mengoptimalkan kinerja pengurus Komite Sekolah di wilayah Kecamatan dan Kabupaten Klaten,” tegasnya.

Hal tersebut dikuatkan oleh Narasumber dari Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, mengatakan kedepannya peran orang tua harus diperkuat tidak hanya pasrah anak di sekolah saja, karena realitanya anak lebih banyak waktunya dirumah.

“Selain itu kami mendapatkan beberapa materi sekaligus serap aspirasi yang luar biasa, animo masyarakat ini menjadikan komunikasi dua arah antara legislatif dan eksekutif yang dijembatani oleh Dewan Pendidikan Klaten,” tutupnya.

(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *