Optimalkan Tugas Dan Tanggung Jawab, Perwira KRI Diberikan Pembekalan

IMG 20221215 WA0037

Jakarta, faktapers.id – Pembina profesi di jajaran Kolinlamil yaitu Asisten Operasi Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar selaku pembina profesi Korps Pelaut dan Asisten Logistik Pangkolinlamil Kolonel Laut (T) Siswanto selaku pembina profesi Korps Teknik memberikan pembekalan kepada Perwira KRI jajaran Kolinlamil di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (14/12). Pembekalan tersebut diadakan dalam rangka mengoptimalkan tugas dan tanggung jawab jabatan Perwira pengawak KRI guna mempersiapkan diri menghadapi tantangan penugasan ke depan yang lebih kompleks dan kompetitif. Kegiatan ini diikuti oleh Perwira Korps Pelaut dan Korps Teknik secara tatap muka dan virtual mengingat Satuan Lintas Laut Militer 2 berada di Surabaya dan Satuan Lintas Laut Militer 3 berada Makassar. Pembekalan juga diikuti oleh Komandan dan Perwira Staf KRI yang sedang melaksanakan tugas operasi.

Pembekalan diawali oleh Asops Pangkolinlamil dengan memberikan pembekalan yang meliputi tugas atau job description dari Perwira KRI yang meliputi Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL, tugas dan tanggung jawab Komandan KRI dan Perwira Staf KRI dari sisi operasional KRI. Kolonel Nanan menekankan kepada Komandan KRI bahwa Komandan KRI memiliki tanggung jawab terhadap personel, material dan logistik untuk mencapai kesiapsiagaan kapalnya. Selain itu agar menanamkan pada diri Komandan bahwa prajurit di bawah menjadi tanggung jawabnya, selalu memperhatikan anak buah dan mengerti anak buahnya. Begitu juga dengan Kepala Departemen (Kadep) yang merupakan pembantu utama Komandan yang bertugas sebagai pelaksana pelaksana kebijaksanaan dan perintah Komandan sesuai departemennya.

SIMG 20221215 WA0040

ementara itu, Aslog Pangkolinlamil menekankan kembali khususnya kepada Kadep Permesinan dan perwira Korps Teknik yang berdinas di KRI harus memahami karakteristik platform kapal termasuk permesinan dan sistem bantu. Perwira di organisasi Departemen Permesinan harus memahami dan melaksanakan setiap prosedur tetap yang sudah menjadi ketentuan serta memahami sistem pemeliharaan dan perawatan secara terpadu sehingga apabila terjadi trouble/permasalahan dengan cepat bisa mengatasinya dengan baik sehingga tidak mengganggu kelancaran tugas operasi.

Menanggapi upaya Asops dan Aslog Pangkolinlamil untuk melakukan pembinaan personel Perwira Korps Pelaut dan Korps Tehnik, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi menekankan tentang pentingnya penguasaan bidang tugas masing-masing Perwira di KRI. “Dalam penguasaan tugas dan tanggung jawabnya, setiap Perwira dituntut mengaplikasikan setiap pengetahuan yang dimilikinya sesuai dengan karakteristik KRI yang diawaki. Isi diri agar tugas yang dibebankan dapat terlaksana dengan optimal.” pungkasnya. Sesuai dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar setiap Kotama melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam rangka membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Han

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *