Headline

Dirjen Imigrasi Tinjau Pelayanan Imigrasi Jakbar

301
×

Dirjen Imigrasi Tinjau Pelayanan Imigrasi Jakbar

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Mengawali bulan Februari 2023, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat mendapat kunjungan dari Silmy Karim, Direktur Jenderal Imigrasi, Rabu (1/2).

Kedatangan Direktur Jenderal Imigrasi disambut langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Barat, Wahyu Eka Putra, beserta jajaran. Pada kunjungan ini, Dirjen Imigrasi juga didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Pamuji Raharja.

Dirjen Imigrasi beserta rombongan langsung meninjau ke bagian pelayanan, mulai dari ruang pelayanan WNA, bidang intelijen dan penindakan keimigrasian, pelayanan informasi, dan ruang pelayanan paspor. Dalam kunjungannya.

Silmy Karim juga menyapa langsung para pemohon keimigrasian. Silmy memastikan pelayanan berjalan lancar dan efisien.

Pada kunjungan kali ini, Dirjen Imigrasi mengapresiasi inovasi Kantor Imigrasi Jakarta Barat yaitu “Induksi”, Pelayanan Terintegrasi Dokumen Kependudukan dengan Layanan Keimigrasian.

“Inovasi ini merupakan bentuk peningkatan layanan keimigrasian bagi WNA, yaitu memastikan setiap WNA pemegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS) mendapatkan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) dari Dukcapil yang prosesnya cukup dengan kedatangan ke imigrasi. Integrasi layanan ini tentunya lebih efisien,” terang Wahyu Eka Putra, Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Barat.

Silmy Karim kemudian berharap inovasi tersebut dapat diterapkan di wilayah yang lebih luas, dimulai dari wilayah DKI Jakarta.

Setelah meninjau ruang pelayanan, acara beranjak ke pengarahan Dirjen Imigrasi di Aula MR. H. Joesoef Adiwinata, Lantai 2 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat.

Silmy Karim berpesan untuk berfokus pada pelayanan yang cepat dan fokus pelayanan melalui daring, namun dengan tetap mengutamakan prinsip penegakan hukum.

“Saat ini belum (melalui daring keseluruhan), tapi arahnya nanti kesana. Kita harus ikut era digitalisasi, apa yang ada sekarang kita evaluasi. Pelayanan tetap ada, tapi diutamakan yang online. Bagi masyarakat terutama di daerah yang belum terbiasa dengan online tetap berlaku pelayanan biasa,” ujar Silmy.

Mengawali masa baktinya, Dirjen Imigrasi mengajak seluruh elemen kantor imigrasi untuk bersama-sama bekerja. Potensi baik SDM maupun kesisteman harus dioptimaliasi agar kinerja imigrasi semakin meningkat.

“Silakan infokan, maksimalkan baik dari sisi SDM, maupun persoalan perangkat. Semua untuk pelayanan yang lebih prima. Tolong bantu saya bekerja dengan baik, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita kesehatan dan meridhoi kerja kita semua,” tutup Silmy. kornel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *