Jabodetabek

Jalan Rusak Masih Dikeluhkan Warga, Camat Tulung Janji Perbaiki Sebelum Lebaran

×

Jalan Rusak Masih Dikeluhkan Warga, Camat Tulung Janji Perbaiki Sebelum Lebaran

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Kerusakan badan jalan yang menghubungkan antar desa dan kecamatan diwilayah Tulung masih dikeluhkan masyarakat. Pemerintah Kecamatan setempat mengakuinya dan berjanji akan melakukan perbaikan jalan yang dimaksud sebelum lebaran supaya warga dan pemudik merasa nyaman.

Salah satu jalan yang kondisinya rusak parah adalah jalan yang melintasi 4 desa yaitu Desa Mundu, Pomah, Kemiri dan Soropaten wilayah Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Warga berinisiatif menanam pohon ditempat berlubang guna kehati-hatian pengendara.

Pantauan dilapangan, Kamis (9/3/2023) di lokasi, puluhan lubang menganga di sepanjang Jalan yang padat dilalui truk galian C. Kondisi ini cukup membahayakan pengendara karena banyak lubang yang lebar dan dalam. Kerusakan jalan dipicu faktor hujan dan truk dengan muatan berat.

Salah seorang warga setempat, Sutadi (52) mengaku, Jalan yang membentang sepanjang kurang lebih 5 km tersebut merupakan jalan alternatif yang kerap digunakan oleh pengendara untuk mengangkut hasil pertanian dan jalan alternatif angkutan galian C.

Dikatakannya, kerusakan jalan tersebut sudah berlangsung lama, namun hingga kini belum diperbaiki. Bahkan, sambung Sutadi, disepanjang jalan itu sering terjadi kecelakaan baik sepeda motor maupun mobil.

Ia berharap perbaikan jalan yang akan dilakukan pemerintah nantinya tidak dengan sistem tambal sulam karena daya tahannya tidak akan berlangsung lama. Ia mengusulkan jalan diperbaiki secara total, alasannya kalau hanya lubangnya yang ditambal dikuatirkan besok rusak lagi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Tarman (40), seorang pengendara motor yang kerap melintas di Jalan tersebut. Menurutnya, kerusakan jalan tersebut sudah sangat mengancam keselamatan pengendara motor, apalagi lubang yang ada di sekitar jalan tersebut semakin hari makin parah.

Ia berharap perbaikan jalan segera dilakukan agar pengendara motor dapat merasa aman dan nyaman saat melintasi jalan tersebut. Ia mengaku pernah sekali kena musibah, saat menghindari lubang malah kecebur ke parit.

Ditempat terpisah, Camat Tulung Hendri Pamungkas mengatakan, Pemcam terus berupaya mengajukan anggaran untuk perbaikan jalan rusak tersebut. Pihaknya mengusahakan sebelum lebaran akan dilakukan perbaikan agar warga pemudik merasakan kenyamanan.

“Dana perbaikan itu sudah diusulkan, untuk anggaran dan teknisnya menjadi kewenangan Dinas PUPR Kabupaten Klaten karena jalan itu milik kabupaten. Kami mengimbau kepada yang melintas dijalur tersebut disaat malam maupun pada saat hujan untuk lebih berhati-hati,” pesannya.

(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *