Jabodetabek

Brigadir Amelia Polisi RW di Kecamatan Grogol Petamburan Mengajak Anak-anak Muda  Menjaga Kamtibmas Saat Bulan Suci Ramadan

×

Brigadir Amelia Polisi RW di Kecamatan Grogol Petamburan Mengajak Anak-anak Muda  Menjaga Kamtibmas Saat Bulan Suci Ramadan

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id  – Aksi polisi cantik Polsek Tanjung Duren Brigadir Amelia Ayu Saptahadi mengajak anak-anak muda untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) saat bulan suci Ramadan.

Brigadir Amelia yang ditugaskan menjadi polisi RW di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat tersebut, dengan lesung pipitnya membuat anak-anak tersenyum saat diajak bersosialisasi di Pos RW 06 Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Senin (27/3/2023).

Didampingi petugas Bhabinkamtibmas dan perangkat RT setempat, Brigadir Amelia mengajak anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah SD-SMP ini untuk menjaga situasi Kamtibmas di lingkungan. Terlebih di bulan puasa yang berkah ini.

“Kita melakukan imbauan kepada warga tentang perintah pak Kapolda memberikan pencerahan kepada anak-anak,” ujarnya di lokasi, Senin (27/3/2023).

Sosialiasi kali ini berkaitan dengan aksi negatif yang masih marak terjadi seperti tawuran, bermain petasan, aksi balapan liar, dan semacamnya yang sering kerap dilakukan anak-anak di bawah umur maupun remaja.

Dalam kesempatan tersebut, Amelia mengajak anak-anak di wilayah tersebut untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan keresahan di lingkungan. Apalagi di bulan suci Ramadan.

“Kita khawatirnya terjadi tawuran, balapan liar, main petasan kembang api, itu kan diluar dari dugaan kita sebagai orangtua,” tuturnya.

Ketua RW 06 Kelurahan Tanjung Duren Selatan Muliyati mengatakan kedatangan polisi RW di lingkungan terbukti dapat merubah keadaan. Salah satu perubahan tersebut yakni wilayah terlihat lebih kondusif.

“Alhamdulillah setelah adanya polisi RW ada perubahan,” tukasnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Muliyati berharap kepolisian dapat lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, sehingga tercipta situasi Kamtibmas yang selalu kondusif.

“Khususnya kepada anak-anak, imbauan lah supaya tidak terjadi tawuran atau hal-hal negatif yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Selain sosialisasi, pihak kepolisian juga memberikan warga takjil secara gratis untuk berbuka puasa. Kegiatan tersebut diharapkan dapat tercipta situasi Kamtibmas yang selalu aman dan kondusif.

Sementara dalam kesempatan yang sama Kapolsek Tanjung Duren Polres Metro Jakarta Barat Kompol Muharram Wibisono mengatakan, bahwa peranan polisi RW ini diharapkan bisa menjadi problem solving bagi masyarakat

Polisi RW ini merupakan program unggulan dari kapolda metro jaya Irjen Pol Dr M Fadil Imran

“kegiatan penguatan polisi RW ini, yang pertama adalah meningkatkan kinerja kepolisian di basis komunitas,” terang Muharram Wibisono

Sebagaimana arahan kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M Syahduddi bahwa polisi RW ini merupakan implementasi dari program bapak kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo yang digagas bapak kapolda metro jaya Irjen Pol Dr M Fadil Imran

Program Polisi RW ini digagas agar polisi bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Nantinya, Polisi RW ini akan mendengar dan mencatat serta mencarikan solusi bersama terkait permasalahan Kamtibmas di tengah masyarakat.

“Polisi RW ini bisa mendengarkan langsung keluhan yang dirasakan oleh masyarakat sekaligus mencari solusi yang tepat,” pungkasnya.

(*/uaa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *