DaerahJawa

Dinyatakan Lulus Usai Diklat, Puluhan Satpam di Klaten Siap Kerja

×

Dinyatakan Lulus Usai Diklat, Puluhan Satpam di Klaten Siap Kerja

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Sebanyak 76 siswa atau personel Satuan Pengamanan (Satpam) dinyatakan lulus pendidikan dan pelatihan (Diklat) Satpam Gada Pratama tingkat Polda Jateng Angkatan LXVIII Tahun 2023, Senin (20/3/2023) pagi.

Puluhan personel satpam itu dikukuhkan melalui upacara penutupan Diklat Satpam Gada Pratama yang digelar PT Garda Total Security, Jalan Jogja-Solo, Desa Karang Dukuh, Kecamatan Jogonalan, Klaten bekerja sama dengan Ditbinmas Polda Jateng.

Mewakili Ditbinmas Polda Jateng, Kasubdit Bin Satpam Polsus AKBP Nunuk Setyowati SIK, MH, menyampaikan, selesai mengikuti diklat ini diharapkan dapat melaksanakan tugas pokok fungsi dan peran satpam dengan baik.

Ia menguraikan, Satpam memegang peranan penting karena merupakan mitra sekaligus kepanjangan tangan Polri untuk memberikan pelayanan kepolisian secara terbatas di tempat tugas maupun menjaga Kamtibmas.

“Mereka harus punya kemampuan sikap dan integritas yang tinggi. Khususnya dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan kerjanya baik pengamanan fisik, personel, informasi dan teknis lainnya,” ujarnya.

Karenanya, lanjut Nunuk, pelatihan mutlak diperlukan agar mereka memiliki standar kompetensi yang ditentukan dalam menunjang pelayanan di tempat tugas masing-masing, serta dapat melaksanakan tugas pokok fungsi dan peran satpam sesuai amanat Perpol No.1 Tahun 2023.

“Perlu diingat pedomani apa yang telah diajarkan, satpam merupakan kepanjangan tangan Polri dalam pengamanan lingkungan harus jaga sikap dan atitude serta mampu memperlihatkan sikap humanis dan cekatan di setiap pelaksanaan tugasnya masing-masing,” pesan dia.

Ditempat yang sama, Sekretaris PT Garda Total Security Klaten, Nur Intan Widya Kemala mengatakan diklat satpam diselenggarakan setiap 2 bulan sekali. Setiap menjelang akhir diklat banyak mitra yang datang ke kantor PT Garda Total Security meminta untuk ditempatkan di perusahaannya.

“Lulus diklat artinya mereka sudah layak dan profesional karena mereka sudah punya pendidikan yang mumpuni, sertifikat, kartu tanda anggota dan seragam. Harapan kami satpam terutama dengan seragam baru ini punya semangat baru lebih dikenal masyarakat dan makin profesional,” pungkasnya.

Sementara usai upacara penutupan diksar Gada Pratama, peserta memperagakan berbagai atraksi ketrampilan yang telah diperoleh selama pendidikan. Mulai dari yel-yel pembakar semangat selama mengikuti pendidikan, juga berbagai ketrampilan beladiri Polri hingga keserasian baris-berbaris.

(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *