DaerahJawa

Hari ini, KPU Klaten Resmi Buka Pendaftaran Bacaleg DPRD Pemilu 2024

×

Hari ini, KPU Klaten Resmi Buka Pendaftaran Bacaleg DPRD Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

 

Klaten, faktapers.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten melaunching kesiapan dalam rangka penerimaan berkas pengajuan Bakal Calon (Balon) anggota DPRD yang dilaksanakan di Aula Kantor KPU Jl. Mayor Kusmanto, Sekarsuli, Klaten Utara, Senin (1/5/2023).

Divisi Tehnis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Klaten, Samsul Huda menyampaikan pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Klaten dalam Pemilu Serentak 2024 dimulai Senin, 1 Mei 2023 dan berakhir Minggu, 14 Mei 2023.

“KPU Kabupaten Klaten siap melayani Pengajuan Bakal Calon DPRD Kabupaten Klaten mulai 1 sampai 14 Mei pukul 08.00 sampai 16.00 WIB dan untuk hari terakhir tanggal 14 Mei 2023 siap melayani sampai pukul 23.59 WIB.” ujarnya

Samsul Huda selaku narasumber memaparkan bahwa belum ada Partai Politik yang mendaftarkan Bakal Calonnya ke KPU Klaten. Menurutnya, hingga sampai hari ini belum ada Partai Politik Peserta Pemilu 2024 yang mendaftarkan Bakal Calonnya ke KPU Kabupaten Klaten.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan untuk partai politik yang memenuhi persyaratan secara nasional ada 18 partai dan berhak mengajukan calonnya di DPRD Kabupaten Klaten dengan jumlah pengajuan maksimal 50 balon anggota dewan setiap dapilnya sesuai alokasi kursi.

“Semua partai mempunyai hak mengajukan calonnya, mulai dari menyiapkan berkas dokumen persyaratan juga termasuk pemenuhan kuota perempuan setiap dapil. Minimal setiap dapil harus bisa mengakomodir 30 persen perwakilan dari perempuan,” tambahnya.

Samsul Huda juga menyampaikan persyaratan yang harus dibawa ke KPU Klaten hanya 2 berkas yaitu format B berisi pengajuan bakal calon, dan formulir B yang berisi daftar calon. Kedua berkas tersebut dilengkapi dengan foto, e-ktp, surat sebagai pemilih dan kartu anggota partai, semua itu kemudian diunggah di aplikasi Silon.

(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *