Berita

Keturunan Jawa dari Berbagai Negara Berkunjung ke Ponorogo: Meriahkan Event Silaturahmi

×

Keturunan Jawa dari Berbagai Negara Berkunjung ke Ponorogo: Meriahkan Event Silaturahmi

Sebarkan artikel ini
Keturunan Jawa dari Berbagai Negara Berkunjung ke Ponorogo: Meriahkan Event Silaturahmi

Suara Ponorogo – Kabupaten Ponorogo menjadi tujuan para Diaspora keturunan suku Jawa dari berbagai negara yang sedang mengikuti Javanese Diaspora Event 5 2023.

Dengan semangat silaturahmi, mereka berkumpul di Ponorogo untuk merayakan tradisi “Ngumpulke Balung Pisah” yang memiliki makna khusus dalam budaya Jawa.

Dalam acara tersebut, puluhan orang Diaspora dari negara-negara seperti Suriname, Afrika Selatan, Australia, Belanda, Malaysia, Singapura, Kaledonia Anyar, dan Amerika, merasakan kehangatan sambutan dari Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, serta mengagumi kesenian Reog dan Jaran Tek yang khas daerah tersebut.

Salah satu momen menarik adalah saat Duta Besar Suriname untuk Indonesia, Erick Rahmat Moertabat, berkesempatan naik ke kepala topeng dadak merak yang begitu besar.

Baca Juga:Indonesia vs Argentina: Shin Tae-yong Sentil Klub Soal Buruknya Finishing Skuad Garuda

Dalam sambutannya di Pendopo Agung Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Erick menyampaikan salam dari Presiden Republik Suriname untuk masyarakat Ponorogo dan mengungkapkan kebahagiannya bisa menginjakkan kaki di bumi reog, karena dirinya merupakan keturunan orang Jawa dengan latar belakang dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

“sudah saya jelaskan ke Pak Bupati, kalua saya keturunan Jawa yang komplit. Ada dari Jawa Timur, Tengah dan Barat. Alhamdulillah,” terangnya

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, menyampaikan sambutan dalam bahasa Jawa Ngoko (kasar), karena bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia kurang dipahami oleh para Diaspora tersebut.

Sugiri berharap kehadiran mereka dapat memperkuat kolaborasi dan pertukaran informasi, serta mempromosikan Ponorogo sebagai destinasi wisata melalui kerjasama yang erat.

Rencananya, puluhan Diaspora keturunan Jawa ini akan bermalam di Ponorogo dan mengunjungi beberapa tempat menarik di daerah tersebut. Bupati Sugiri Sancoko berkomitmen untuk menyajikan hiburan dan kuliner khas Ponorogo kepada tamu-tamu istimewa ini.

Baca Juga:Napoli Resmi Tunjuk Rudi Garcia Jadi Pelatih Baru

Dia optimis bahwa kerjasama dengan Diaspora akan memberikan dampak positif dalam memperkenalkan Ponorogo ke seluruh dunia.

Kunjungan Diaspora ini menjadi momen yang membanggakan bagi Kabupaten Ponorogo, di mana event silaturahmi dan pertemuan budaya dapat memperkaya hubungan antarbangsa serta mengenalkan kekayaan budaya Jawa kepada masyarakat internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *