Berita

Pameran Jakarta Tangguh beri edukasi kebencanaan pada warga

×

Pameran Jakarta Tangguh beri edukasi kebencanaan pada warga

Sebarkan artikel ini
Pameran Jakarta Tangguh beri edukasi kebencanaan pada warga

memberikan edukasi dan literasi tentang kebencanaan

Jakarta (ANTARA) – Pameran Jakarta Tangguh 2023 di Pintu Air Malaka Sari, Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur, Minggu, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kebencanaan.

“Pameran ini dalam rangka memberikan edukasi dan literasi tentang kebencanaan kepada masyarakat guna mengurangi risiko bencana,” kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji saat membuka pameran itu. 

Pameran itu, lanjut dia, juga untuk menunjukkan kesiapan Jakarta dalam hal sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang dimiliki oleh pihak terkait di Jakarta.

Heru pun menyampaikan selamat kepada BPBD Provinsi DKI Jakarta atas penyelenggaraan Pameran Jakarta Tangguh di tengah informasi tentang kerawanan Jakarta terhadap bencana.

“Hendaknya kita tetap meningkatkan kesiapsiagaan kita sebagai upaya pengurangan risiko bencana,” katanya.

Baca juga: BPBD DKI gelar pameran Jakarta tangguh 2023 meriahkan HUT DKI

Provinsi DKI Jakarta yang merupakan Ibu Kota Negara Indonesia memiliki kerawanan terhadap berbagai ancaman bencana.

Pameran yang mengangkat tema “Ketangguhan Bersama Jakarta dalam Menghadapi Bencana” itu menampilkan sarana dan prasarana penanggulangan bencana, dialog kebencanaan, 42 stan kebencanaan dan UMKM, simulasi bencana, baik itu penyelamatan di air, “flying fox”, maupun penyelamatan vertikal dari atas gedung.

Tema itu, tambah Heru, menyiratkan bahwa upaya Jakarta untuk menjadi kota tangguh bencana harus dilaksanakan oleh semua komponen dengan merangkul kekuatan dan potensi yang ada di masyarakat dalam membangun ketangguhan kota.

Selain memamerkan peralatan kebencanaan, ada berbagai peralatan-peralatan alat berat, ambulans, mobil damkar, kendaraan-kendaraan taktis lainnya yang digunakan dalam penanganan kebencanaan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji menambahkan, kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-496 DKI Jakarta.

Baca juga: Heru imbau perkantoran terapkan WFH saat ada bencana di DKI

“Kegiatan ini untuk mengedukasi warga Jakarta tentang bagaimana memitigasi bencana. Intinya kita mengajak warga Jakarta kenali bahayanya, kurangi risikonya,” kata Isnawa.

Seorang petugas Gulkarmat DKI Jakarta saat melakukan simulasi penyelamatan dari atas gedung (vertikal rescue) pada Pameran Jakarta Tangguh 2023 di Pintu Air Malaka Sari, Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur, Minggu (18/6/2023). ANTARA/Syaiful Hakim

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *