Jabodetabek

Ternyata Ada Pemukiman Warga Berada di Bawah Jalan Tol di Jakarta ?

×

Ternyata Ada Pemukiman Warga Berada di Bawah Jalan Tol di Jakarta ?

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Meski banyaknya pengangguran dan gelandangan, Jakarta masih menjadi tujuan favorit para perantau untuk mengadu nasib. Harapan memiliki pekerjaan dan penghasilan yang layak jadi salah satu alasan merantau ke ibu kota.

Ini  menimbulkan makin menumpuknya masalah, mulai dari lapangan pekerjaan hingga ketersediaan pemukiman.

Akibatnya para pendatang dari berbagai latar belakang hidup berdampingan dan terus berjuang di kerasnya kehidupan Jakarta.

Seperti yang terlihat dalam tayangan di channel YouTube Bang Brew TV memperlihatkan kondisi pemukiman warga yang berada di bawah jalan tol di Jakarta.

Pintu masuk ke tempat tersebut terlihat sangat sempit dan gelap, seperti lubang semut. Untuk masuk pun harus membungkukkan badan. Begitu masuk, terlihat rumah-rumah berdempetan.

Menariknya, sejumlah warga membangun rumah petak seperti pemungkiman pada umumnya di tengah keterbatasan lahan.

Tampak warga di bawah jalan itu tengah melakukan aktivitasnya. Ada yang duduk bersantai sambil bermain HP di depan rumah. Ada juga tidur di kursi panjang yang diletakkan di emperan rumah.

Pemukiman di bawah jalan tol itu juga memiliki sejumlah fasilitas umum, salah satunya musola yang dibangun bersama-sama.

Pamit Suami Berangkat Kerja, Wanita Ini Ternyata Tinggal Bareng Selingkuhannya di Warung, Dikira Warga Udah Suami Istri.

Salah seorang warga mengungkapkan bahwa biaya pembangunan mushola berasal dari sumbangan seorang ustazah terkenal.

“ Biayannya ini dari Ustazah Oki, warga bergotong royong membuat,” kata warga.

Di sudut lain, terdapat sekolah di mana terlihat anak-anak tanpa seragam sedang belajar bersama. Ruangan sekolah pun tampak dihias warna warni dengan gambar yang menarik.

Tak hanya itu, sejumlah warga juga membuka warung kecil-kecilan berjualan sembako dan makanan. Karena rumahnya berdempetan, warga tidak memasang pagar.

Tidak bisa dibayangkan betapa sempit dan sesak rumah-rumah berdempetan di bawah jalan tol itu. Namun dari wajah-wajah warga di sana, mereka tampak tidak tertekan kondisi tersebut.

[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *