Jabodetabek

Pemkot Jakbar Antisipasi Turunnya Rasa Nasionalisme Bagikan  40 Ribu Bendera 

×

Pemkot Jakbar Antisipasi Turunnya Rasa Nasionalisme Bagikan  40 Ribu Bendera 

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Sebagai salah satu upaya antisipasi turunnya rasa Nasionalisme Pemkot Jakarta Barat bagikan  40 Ribu Bendera merah putih untuk masyarakat.

Wakil Wali Kota Pemkot Jakarta Barat, Hendra Hidayat  saat apel pembagian bendera merah putih di halaman upacara Kantor Wali Kota Jakarta Barat mengingatkan bwa  di era modern derasnya arus globalisasi dan kemajuan tehnologi yang dirayakan secara gegap gempita Indonesia mengalami tantangan besar dalam kesadaran berbangsa dan bernegara.

“Yaitu, menurunnya semangat nasionalisme dan cinta tanah air pada masyarakat. Kondisi ini harus mendapat perhatian yang penting untuk kita semua. Dan pengibaran bendera merah putih tanggal 17 Agustus merupakan wujud syukur kita atas keberdekaan bangsa Indonesia,” ungkap Hendra.

“Saat ini di banyak tempat kesadaran masyarakat untuk memasang bendera merah putih pada hari-hari besar nasional sudah mulai berkurang. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat  mengenal sejarah Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan,” imbuhnya

Kemudian juga, lajutnya, semakin memudarnya nasionalisme jiwa masyarakat Indonesia. Dan kondisi tersebut semakin diperparah dengan maraknya muncul faham faham yang bertentangan dengan ideologi Pancasila yang mengajarkan pada masyarakat untuk tidak perlu memasang bendara merah putih.

Mengacu dari kondisi tersebut, harus ada upaya untuk menyadarkan masyarakat agar memiliki kesadaran yang tinggi bahwa pengibaran bendera merah putih sudah menjadi keharusan sebagai wujud rasa cinta tanah air.

“Untuk itu pemerintah mengharapkan pada tanggal 17 Agustus masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih di depan rumah agar tetap mengingat sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dan juga sebagai wujud rasa cinta tanah air,” ujarnya, Rabu (2/8/2023).

Sementara itu Kasuban Kesbangpol Jakarta Barat, Mohammad Matsani menuturkan menyambut hari kemerdekaan Indonesia, Pemkot Jakarta Barat  akan membagikan sebanyak 40.000 bendara merah putih pada masyarakat dengan ukuran tiap bendara lebar 80 sentimeter dan panjang 120 sentimeter. Untuk mendistribusiannya diberikan pada tiap kecamatan sebanyak 1.000 bendera yang selanjutnya disebar ke tiap kelurahan untuk dibagikan pada warga di wilayah masing masing.

“Selain itu juga bendara merah putih kami berikan pada 48 Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk dibagikan pada masyarakat untuk nantinya dipasang di rumah masing masing warga,” tandasnya.

Usai upacara, Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Dandim O503/JB, jajaran Polres Metro Jakarta Barat dan Pemkot Jakarta Barat membagikan bendera pada pengendara mobil dan motor yang melintas di depan Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Raya Kembangan.

(Kornel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *