Berita

Disdik DKI Sebut Banyak Ijazah Yang Ditahan Gegara Pandemi Covid-19

114
×

Disdik DKI Sebut Banyak Ijazah Yang Ditahan Gegara Pandemi Covid-19

Sebarkan artikel ini
WhatsApp Image 2023 10 05 at 08.09.18 9d95b0fc

 

Faktapers.id Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo angkat bicara soal banyaknya ijazah siswa sekolah swasta yang ditahan. Ia menyebut hal ini terjadi lantaran para orang tua tidak bisa menebus ijazah anaknya itu.

Para orang tua, kata Purwosusilo, tak mampu menebus ijazah lantaran merosotnya kondisi ekonomi. Apalagi, banyak masyarakat yang terdampak pendapatannya karena pandemi Covid-19.

Banyak orang tua siswa lulusan sekolah tersebut yang berhenti kerja dan tak mendapat penghasilan. Sehingga, mereka tak sanggup melunasi tunggakan SPP sekolah dan ijazahnya tertahan.

“Sekolah swasta kan bayar SPP tuh. Nah, karena COVID, orang tuanya berhenti kerja atau kena PHK, akhirnya enggak bisa bayar yang dinamakan tunggakan biaya pendidikan,” ujar Purwosusilo kepada wartawan, Selasa (3/10/2023).

Menanggapi situasi ini, Purwosusilo berjanji Pemprov DKI akan membantu menyelesaikan masalahnya. Salah satu opsi yang bisa dipakai adalah hibah beasiswa untuk melunasi tunggakan SPP para siswa.

“Kami menganggarkan di hibah YBJ (Yayasan Beasiswa Jakarta). Kedua, kami juga komunikasikan dengan sekolah soal kenapa bisa begini (menahan ijazah). Berikutnya, (meminta bantuan) ke Baznas,” kata Purwosusilo.

Lebih lanjut, ia juga menjanjikan opsi lain penyaluran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Lalu kalau (masalah ijazah siswa tertahan) belum selesai, kita anggarkan (dari APBD) melalui proses dan ketentuan yang ada,” pungkasnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *