DaerahJawa

Pokmas Sentra Pangan Boyolali Berharap Bantuan Makanan Bergizi Lansia Ditingkatkan

×

Pokmas Sentra Pangan Boyolali Berharap Bantuan Makanan Bergizi Lansia Ditingkatkan

Sebarkan artikel ini

Boyolali, faktapers.id – Kelompok Masyarakat (Pokmas) Sentra Pangan, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah melaksanakan masak untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Lansia yang ada diwilayahnya.

Pembuatan makanan tambahan akan langsung disajikan dan bertujuan untuk memenuhi asupan gizi agar lansia tetap sehat dan bugar. Kegiatan masak dilaksanakan oleh 7 orang anggota Pokmas setempat, pada Rabu (20/3/2024).

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah kegiatan pemberian makanan dalam bentuk masakan 4 sehat 5 sempurna beserta kegiatan pendukung lainnya dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan.

Selain itu, dengan pemberian makanan tambahan (PMT) dapat mencegah kekurangan gizi serta menjaga kestabilan kesehatan. Masakan ini harus mengandung nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran.

Ketua Pokmas Sentra Pangan, Jumiyati mengatakan kegiatan ini merupakan program rutin tahunan dari Kemensos RI yang ditargetkan dapat menjadi wadah bagi penyediaan sumber makanan yang layak dan bergizi bagi lansia.

“Untuk wilayah Kecamatan Simo tahun ini ada 88 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tetapi ada 6 KPM yang meninggal jadi tersisa hanya 82 KPM. Untuk anggaran 1 KPM Rp30 ribu dalam sehari. Pada bulan puasa ini diberikan saat buka dan saur,” terang dia.

Lebih lanjut, ia berharap kepada pemerintah agar ada kenaikan tambahan KPM lagi. Menurutnya dilapangan pada kenyataannya banyak warga di masyarakat desa terutama lansia yang sangat membutuhkan program makanan tambahan ini, sehingga pemenuhan gizi dapat merata.

(Madi)