JabodetabekSosial

Kelurahan Kartini Distribusikan 1.199 Bantuan Pangan Beras Bagi KPM Tahap Kelima

×

Kelurahan Kartini Distribusikan 1.199 Bantuan Pangan Beras Bagi KPM Tahap Kelima

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id-Jajaran Kelurahan Kartini berkolaborasi dengan Koramil Kecamatan Sawah Besar mendistribusikan bantuan pangan beras bagi 1.199 Keluarga Penerima Manfaat (KMP) Tahap V Tahun 2024 yang tersebar di 127 RT dari sembilan RW.

Lurah Kartini Ati Mediana mengatakan, bantuan itu diberikan kepada KPM yang masuk dalam kategori tidak mampu sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial DKI Jakarta.

“Kegiatan distribusi beras kemasan 10 kilogram itu pada tahun 2024 ini telah dilakukan sebanyak lima tahap. Pembagiannya setiap bulan sekali, semoga bantuan ini terus berlanjut,” katanya.

Ati menjelaskan, pendistribusian bantuan ini dilakukan sesuai data by name dan by address. Para penerima bantuan beras yang akan mengambil di kantor Kelurahan Kartini cukup memberikan undangan yang telah berisi data dan barcode kepada petugas.

Dalam penyerahan bantuan tersebut, Ati mengaku mengerahkan sebanyak 13 petugas PPSU Kelurahan Kartini. Dari total 13 petugas itu, delapan di antaranya telah mengikuti proses pelatihan terkait aplikasi pendistribusian bantuan.

“Kegiatan distribusi tahap kelima ini dilaksanakan selama 2 hari, mulai Senin (3/6/2024) hingga Selasa (4/6/2024). Pada hari pertama distribusi dilaksanakan bagi warga dari RW 01 sampai dengan RW 05 Kelurahan Kartini dan sisanya RW 06 sampai dengan RW 09 Kelurahan Kartini di hari kedua,” jelasnya.

“Bagi warga yang sudah pindah atau meninggal, bisa diganti dengan tetangganya satu RT/RW. Pemanfaat pengganti cukup membawa keterangan RT/RW setempat,” imbuhnya.

Salah seorang warga penerima manfaat yang tinggal di Jalan Lautze Dalam RT 01/07 Kelurahan Kartini, Darti (62) mengaku senang bisa mendapat bantuan. Ibu dari dua anak ini telah mendapat bantuan selama lima kali dan memanfaatkan beras itu untuk dikonsumsi sehari-hari.

“Kalau saya mah dimasak untuk sehari-hari. Untuk makan saya, suami, dan dua anak satu karung ini cukuplah selama satu bulan,” tutupnya.

(Tjl)