DaerahJawaKesahatan

Pemdes Plawikan Gelar Lomba Cipta Menu Bagian Pencegahan Stunting

×

Pemdes Plawikan Gelar Lomba Cipta Menu Bagian Pencegahan Stunting

Sebarkan artikel ini
Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman) Berbasis Pangan Lokal Tingkat Desa Tahun 2024, di Halaman Balai Desa setempat, Sabtu (8/6/2024).

Klaten, faktapers.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Klaten bersama Tim Penggerak (TP) PKK menggelar Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman) Berbasis Pangan Lokal Tingkat Desa Tahun 2024, di Halaman Balai Desa setempat, Sabtu (8/6/2024).

Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, serta untuk memilih perwakilan desa sebagai peserta Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kecamatan Jogonalan.

Kepala Desa Plawikan, Sutiman mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kader PKK setiap rukun warga (RW). Harapannya, kader PKK bisa meningkatkan kreativitasnya dalam mengolah menu B2SA yang bermanfaat dan berdampak positif bagi keluarga.

“Ini agenda rutin, karena untuk membuat Desa Plawikan bebas stunting memerlukan berbagai upaya. Salah satunya adalah membiasakan orang tua membuat menu makanan sehat. Bahan yang digunakan dari bahan lokal yang ada disekitar,” kata Kades.

Ia menjelaskan bahwa tujuan digelar lomba cipta menu ini untuk meningkatkan ketrampilan ibu-ibu dengan mengatur gizi supaya di Desa Plawikan tidak ada yang stunting. Untuk itu, setiap ada kelahiran akan dipantau supaya terdeteksi dini.

“Untuk saat ini angka stunting di Plawikan ada 6 anak di level gejala stunting 23 bulan dan tubuhnya masih belum normal. Target zero stunting di desa ini yaitu tahun 2025. Harapan kegiatan ini untuk meningkatkan generasi muda dan nantinya jangan ada stunting,” tutupnya.

(Madi)