BeritaHeadlineKesehatanNasional

Kembangan Jakbar Jadi Lokasi Pertama Pelepasan Nyamuk Wolbachia

×

Kembangan Jakbar Jadi Lokasi Pertama Pelepasan Nyamuk Wolbachia

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat mengatakan wilayah Kecamatan Kembangan akan menjadi lokasi pertama pelepasan nyamuk Aedes aegypti yang mengandung bakteri Wolbachia yang dapat menghambat dengue dalam tubuh nyamuk.

Namun, pihaknya masih menunggu arahan dari pimpinan terkait implementasi pelepasan nyamuk Aedes aegypti mengandung Wolbachia di wilayah Kembangan.

“Intinya, kami masih menunggu arahan dari pimpinan (Dinas Kesehatan DKI Jakarta). Sampai saat ini belum melakukan terkait hal tersebut, ” Kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari saat dikonfirmasi, Senin (10/6/2024).

Erizon mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui terkait teknis pelepasan nyamuk yang mengandung wolbachia tersebut. Meski begitu, persiapan mengenai hal tersebut telah dilakukan jauh-jauh hari.

“Sebenarnya kita belum melakukan apa-apa. Kalau untuk persiapan sudah jauh-jauh hari, paling melatih kader, tapi untuk lebih detail teknisnya masih menunggu arahan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta,” terangnya.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta akan mempersiapkan implementasi pelepasan nyamuk aedes aegypti mengandung wolbachia di wilayah Jakarta Barat. Uji coba pelepasan nyamuk mengandung wolbachia tersebut dilakukan di wilayah Kembangan.

“Daftar pertama ada di Jakarta Barat, kita mulai dari Kecamatan Kembangan. Saat ini belum kita mulai, masih persiapan. Jika semuanya siap, termasuk masyarakat baru kita akan melepaskan nyamuk,” tutur Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani.

(ibeng)