BeritaHeadline

Kembangan Selatan Optimis Mewakili DKI Pada Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

×

Kembangan Selatan Optimis Mewakili DKI Pada Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Enam Kelurahan di DKI Jakarta mengikuti lomba Kelurahan tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2024 di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2024).

Kelurahan Kembangan Selatan mewakili Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat pada lomba tersebut.

Lurah Kembangan Selatan, RM Pradana Putra mengaku optimis bisa melaju ke tingkat nasional mewakili DKI Jakarta pada lomba Kelurahan 2024.

“Kami yakin, Kembangan Selatan dapat melaju ke tingkat nasional, Ikhtiar terus kami lakukan untuk membuat maju wilayah dan kolaborasi antar SKPD serta swasta secara intens terus kami upayakan, karena Kembangan Selatan merupakan miniatur Jakarta Kota Global,” katanya dengan semangat saat dikonfirmasi, Kamis (13/6/2024).

Danang sapaan akrab Lurah Kembangan Selatan mengatakan pihak ya sudah semaksimal mungkin menyampaikan yang terbaik dari program unggulan yang dimiliki Kelurahan Kembangan Selatan dan mendapat dukungan dari Pemrov DKI Jakarta.

“Bahkan saat sesi tanya jawab oleh dewan juri, Kembangan Selatan mendapat support dan doa dari Ibu PJ Gubernur, agar Kembangan Selatan bisa ke Nasional, kami terharu dan bangga,” ujar Danang.

Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekda Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengungkapkan, Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

“Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi tahun 2024 dilaksanakan untuk memperoleh kelurahan dengan kinerja terbaik yang dijadikan lokasi percontohan dalam upaya mengakselerasi pemerataan pembangunan. Sekaligus meningkatkan motivasi dalam pengembangan dan penerapan inovasi dengan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan,” ungkap Sigit Wijatmoko, yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Komunikasi, Infomatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta.

Ia menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Lomba Kelurahan tahun 2024 di antaranya, mengetahui capaian kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat serta meningkatkan motivasi kerja kelurahan serta pemerintah daerah dalam mendorong kemajuan di wilayahnya.

“Sebagai apresiasi atas prestasi yang telah dicapai kelurahan dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan kelurahan.
Sekaligus menjadi media publikasi bagi kelurahan dan pemda dalam menyebarluaskan inovasi dan potensi yang dimiliki,” jelasnya.

Untuk diketahui, enam kelurahan yang mengikuti Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi tahun 2024 yakni, Kembangan Selatan (Jakarta Barat), Cipayung (Jakarta Timur), Sunter Jaya (Jakarta Utara), Pulau Panggang (Kepulauan Seribu), Cikoko (Jakarta Selatan) dan Kebon Kosong (Jakarta Pusat).

ibeng