Jabodetabek

Pemprov DKI Tampilkan Simulasi Penanggulangan Bencana Pada Pameran Jakarta Tangguh

×

Pemprov DKI Tampilkan Simulasi Penanggulangan Bencana Pada Pameran Jakarta Tangguh

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Pameran Jakarta Tangguh tahun 2024, di Trade Mall Seasons City, Lobi Pintu Utama Utara, Kelurahan Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (15/6/2024).

Pemeran diisi stan/tenda dan booth-booth dokumentasi, penayangan video penanggulangan bencana, pengoperasian perlengkapan/peralatan/sarana prasarana, kendaraan operasional/armada, demo masak, mobil dapur umum, mobil rescue dan lain sebagainya.

Pada kesempatan tersebut juga digelar simulasi penyelamatan berupa evakuasi dan pertolongan warga yang terdampak banjir di Kali Kanal Banjir Barat (KBB). Petugas gabungan menggunakan beberapa perahu karet bergerak cepat ke tengah kali untuk menyelamatkan dan mengevakuasi warga yang nyaris tenggelam minta pertolongan.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Isnawa Adji, kegiatan Pameran Jakarta Tangguh 2024 juga dalam rangka HUT Kota Jakarta ke-497.

“Sesuai tagline ‘Sukses Jakarta untuk Indonesia’, ini aksi bersama mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global yang tangguh bencana,” ujarnya.

Hadir Kadis Sosial DKI, Premi Lasari, Kabiro Pemerintahan DKI, Fredy Setiawan, perwakilan unit terkait, jajaran Pemkot Jakbar, Kasudis Sosial Jakbar, Suprapto, aparat kecamatan-kelurahan wilayah setempat dan lainnya.

Kegiatan melibatkan sekitar 700 lebih personel gabungan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov DKI terkait, antara lain BPBD DKI, Dinas-Sudis Sosial, Sumber Daya Air (SDA), Gulkarmat, Lingkungan Hidup, Kesehatan, SKPD/UKPD Pemkot Jakarta Barat, PMI, CSR dan lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, mengapresiasi kegiatan tersebut. Selain mengunjungi dan meninjau tenda stan-stan yang ada di lokasi, Uus juga sempat melakukan pemeriksaaan kesehatan di salah satu stan.

(*/ibeng)