JabodetabekSpritual

1000 Umat Buddha Peringati Hari Raya Waisak di Vihara Hemadhiro Mettavati

×

1000 Umat Buddha Peringati Hari Raya Waisak di Vihara Hemadhiro Mettavati

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – 1000 umat buddha memperingati perayaan hari Waisak di Vihara Hemadhiro Mettavati, Cengkareng, Jakarta Barat.

Puluhan stan makanan dan minuman pun dihadiri pada perayaan hari Waisak yang jatuh pada 16 Juni 2024.

Ketua Yayasan Vihara Hemadhiro Mettavati, Romo Asun mengatakan hari ini umat buddha merayakan puncak upacara Tri Suci Waisak 2568 BE tahun 2024. Dimana Waisak adalah momen istimewa untuk memperingati tiga peristiwa besar dalam kehidupan Siddharta Gautama Buddha, yaitu kelahiran, pencerahan dan wafatnya.

“Adapun peringatan Tri Suci Waisak adalah kami semua umat Buddha memperingati saat hari kelahiran Guru Agung kami, Pangeran Siddharta di taman Lumbini pada tahun 623SM,” katanya.

Romo mengungkapkan, perayaan Waisak sebelumnya pernah dirayakan pada tanggal 23 Mei lalu dengan menampilkan berbagai kegiatan seperti bakti sosial, layanan kesehatan gratis dan pembagian sembako untuk semua kalangan masyarakat.

“Untuk kali ini perayaan upacara dimulai dengan menyambut 35 Bhiksu Shangga, para Suhu, Prosesi Puja, menyanyikan lagu malam Suci Waisak dan kelahiran Buddha Gautama, sambutan dari Dirjen Bimas Budha dari Kemenag RI, dilanjutkan dengan upacara dan Do’a untuk bagi semua umat dan bangsa ini,” ungkap Romo.

Pada perayaan Waisak kali ini, Romo berharap semua umat buddha sama-sama berjuang agar bisa terbebas dari penderitaan.

“Agar kita bisa mengikuti ajaran dari guru Agung kita, yaitu Sila Samadhi dan Panna, yaitu pandangan benar, pikiran benar, ucapan benar, perbuatan benar, daya upaya benar, perhatianbenar, konsentrasi benar, inilah yang disebut jalan tengah Majima Vattipada,” Harapnya.

(*/ibeng)