DaerahJawaPendidikan

Ratusan Pelajar Berkompetisi di Ajang Lomba Klaten Robotic Competition

×

Ratusan Pelajar Berkompetisi di Ajang Lomba Klaten Robotic Competition

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Ratusan pelajar mulai dari tingkat pendidikan TK hingga SMP sederajat se-Kabupaten Klaten mengikuti Lomba Klaten Robotic Competition 2024 Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan di Gedung Show Room Toyota, Ketandan, Klaten Utara, Sabtu (22/6/2024).

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor (Warek) III Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten, Daru Pratomo. Ia menyambut baik adanya kompetisi robotik tersebut. Menurutnya, ini merupakan kegiatan positif pendidikan non formal.

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah anak mengurangi kecanduan terhadap gadget. Orang tua hendaknya hadir membersamai anaknya. Ini bagian kontrol untuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas yang serba digital,” terang dia.

Daru Pratomo menambahkan, kegiatan ini juga bagian dari kreatifitas yang perlu dikembangkan. Untuk itu, kegiatan ini juga tergantung orang tua sebagai pemantik anak agar tahu dan peka akan minat dan bakat anak.

“Sesuai pilar pendidikan yaitu ada tiga diantarannya pendidikan akademis melalui media sekolah formal, pendidikan keluarga dan pendidikan lingkungan. Artinya ini semua orang tua harus mengarahkan putra-putrinya sebagai bentuk kesempurnaan pilar tersebut,” ujarnya.

Ketua Pelaksana sekaligus Direktur Autobot School, Agung Dzaki Mulia mengatakan, kegiatan yang diikuti sebanyak 135 anak TK hingga SMA ini merupakan wadah untuk mengapresiasi bagi peserta didik yang telah mengikuti pendidikan dilembaganya.

Kegiatan lomba Klaten Robotic ini sebagai ajang kreativitas anak supaya agar terhindar bahaya kecanduan gadget. Ia berharap melalui kompetisi ini bisa menambah pengalaman dan juga wawasan peserta khususnya di bidang teknologi dan robotik.

(Madi)