DaerahEkonomi BisnisJawa

Buka Expo UMKM di Candirejo, Wabup Klaten Yoga Hardaya Tawarkan Solusi Modal

×

Buka Expo UMKM di Candirejo, Wabup Klaten Yoga Hardaya Tawarkan Solusi Modal

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya mendorong perputaran perekonomian desa

Klaten, faktapers.id – Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya mendorong perputaran perekonomian desa dan mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk terus meningkatkan kelas produknya agar bisa berdaya saing dipasaran yang lebih luas.

Hal itu diungkapkan saat berkunjung di Expo UMKM Peken Selapan, Desa Candirejo, Kecamatan Ngawen. Wabup berharap kegiatan Peken Selapan yang telah konsisten berjalan ke-10 inu mampu mendorong perputaran perekonomian masyarakat.

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya yang hadir sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut pada Minggu (23/6/2024), menyampaikan apresiasinya atas diselenggarakannya Pasar Expo UMKM setiap 35 hari yang dinamai Peken Selapan ini.

Bakal Calon Bupati Klaten dari Partai Golkar ini menyatakan, Pasar UMKM sebagai langkah strategis membangkitkan semangat pelaku UMKM dan menopang perputaran roda perekonomian daerah, diharapkan bisa mengurangi angka kemiskinan.

Dirinya pun juga berharap, kegiatan ini tidak hanya fokus pada pencapaian bisnis semata, tetapi lebih kepada pemberdayan dan meransang inovasi serta kreatifitas ragam dan potensi produk lokal daerah untuk bisa bersaing secara global.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa UMKM adalah pelaku ekonomi yang memegang peran strategis bagi perekonomian daerah bahkan negara, UMKM memberikan kontribusi yang cukup besar pada pertumbuhan ekonomi dan berperan dalam penyerapan tenaga kerja.

Oleh karena itu, Yoga Hardaya mengajak seluruh pihak dan stakeholder terkait untuk membangun komitmen dan memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang.

“DKUKMP Klaten juga hadir memberikan pembinaan. Kedepan program yang saya berikan pelatihan dan peralatan untuk mendukung produksi dan muncul para wirausaha baru agar bisa meningkatkan pendapatan, mengurangi kemiskinan dan pengangguran,” ucapnya.

Yoga menambahkan, apabila pelaku UMKM mempunyai kendala modal, saat ini Pemerintah Kabupaten Klaten telah mengalokasikan subsidi bunga hingga 80 persen. Pelaku UMKM bisa datang menghubungi Kantor Bank Klaten dan BKK Tulung.

(Madi)