KalimantanKesehatan

PMI Cabang Melawi Tandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan RSUD Melawi

×

PMI Cabang Melawi Tandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan RSUD Melawi

Sebarkan artikel ini
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Melawi Dr Gunadi linoh sebagai pihak pertama melakukan penanda tanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan pihak ke dua Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Melawi Raisya sarbina S.E. M.AP tentang Pelayanan Donor Darah.

Melawi, faktapers.id – Dalam rangka mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan darah bagi pasien yang membutuhkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Melawi, melalui peningkatan partisipasi masyarakat sebagai Pendonor Darah Aktif. Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Melawi Dr Gunadi Linoh sebagai pihak pertama melakukan penanda tanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan pihak ke dua Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Melawi Raisya Sarbina S.E. M.AP tentang Pelayanan Donor Darah.

Penanda tanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini disaksikan secara langsung oleh Sekda kabupaten Melawi Drs Paulus, Kapolres Melawi yang diwakili oleh Anggotanya, ibu Bayangkari cabang Melawi Ny Nina Safi’i, LO Dandim 1205. para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat Se-Kabupaten Melawi, serta seluruh peserta undangan, di aula RSUD melawi, Rabu (10/7/2024).dan diteruskan dengan Donar darah secara masal diruangan transfusi darah RSUD kabupaten Melawi.

Direktur rumah sakit umum Daerah Melawi Dr Gunadi linoh dalam sambutannya, Sangat menyambut baik atas ajakan dan Dedikasi dari PMI cabang Melawi untuk melakukan kerjasama dalam penyediaan darah untuk kebutuhan warga kabupaten Melawi, karena ketika saya melihat kebutuhan Kantong darah di RSUD ini saja sangat begitu tinggi belum lagi RS Citra Husada(RSCH) dan Kasih Bunda Jaya(KBJ).”pungkasnya.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Melawi Raisya sarbina S.E. M.AP menyampaikan dalam sambutannya, “Edukasi kesehatan seputar donor darah, setetes darah anda tidak hanya menyelamatkan jiwa mereka, tetapi juga menyehatkan kita. Apalagi setelah kita mendengar kebutuhan Kantong darah terkhusus di RSUD pertahun saja sangat begitu banyak belum lagi dibeberapa rumah sakit Swasta, Sehingga perlu menjadi perhatian kita bersama, Disini saja mengajak Ayo kita budayakan semangat kepedulian pada sesama baik untuk diri pribadi, keluarga,tetangga dan masyarakat pada umumnya.”ajaknya.

Lanjut,” Raisya menyampaikan, dengan penanda tanganan MOU antara RSUD Kabupaten Melawi dan PMI Cabang Melawi nantinya Kita Galang Partisipasi Masyarakat untuk menjadi Pendonor Aktif dengan Donor darah sukarela (DDS) dan semoga Bank Darah PMI terwujud di Melawi, selain itu PMI cabang Melawi berharap kepada pemerintah daerah kabupaten Melawi bisa memperhatikan terkait sarana dan prasarana unit transfusi darah.tuturnya.

Sambutan Bupati Melawi yang disampaikan oleh Sekda kabupaten Melawi Drs Paulus.menanggapi apa yang disampaikan oleh ketua PMI cabang Melawi Bahwa pemerintah daerah kabupaten Melawi mengapresiasikan atas ide dan semua gagasan PMI cabang Melawi bersama Pihak RSUD Kabupaten Melawi dalam antisipasi penyediaan Kantong darah untuk pasien, dan warga tidak begitu kesulitan, sehingga penanda tanganan MOU ini sangat baik dan bermanfaat sekali dalam langkah meminilisir terhadap kurangnya kesedian kantong darah saat dibutuhkan.terkait dengan penyediaan unit transfusi darah yang disampaikan oleh ketua PMI cabang Melawi, ini akan kita pertimbangkan dan kita kaji lebih dulu sejauh mana tingkat urgensinya, semoga saja bisa terealisasi apalagi jika kita melihat kebutuhan Kantong darah sangat tinggi sekali.pungkasnya.

(Skn)