JawaPendidikan

Miliki Segudang Prestasi, Kepala SMPN 1 Ceper Bagikan Kiat Suksesnya

×

Miliki Segudang Prestasi, Kepala SMPN 1 Ceper Bagikan Kiat Suksesnya

Sebarkan artikel ini
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Wiyana bersama siswanya yang berprestasi

Klaten, faktapers.id – Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Wiyana memaparkan, kiat suksesnya dalam memimpin sekolah hingga meraih segudang prestasi.

Prestasi itu tidak siswa saja, namun juga oleh tenaga pendidik sekolah tersebut. Hal itu terungkap dalam keterangannya saat ramah-tamah dengan sejumlah awak media, diruang kerjanya, Kamis (11/7/2024).

Dia dengan antusias berbagi tentang program dan inisiatif yang tengah dijalankan. Menurutnya, yang paling utama mereka adalah mengembangkan minat, kemampuan akademis dan non-akademis siswa.

Diantaranya, menyediakan akses ke sumber daya literasi, inovasi didalam perpustakaan dan kelas. Selain itu, prestasi siswa dalam berbagai kompetisi pun juga menjadi konsentrasi sekolah.

“Kami tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, tetapi juga memastikan setiap siswa dapat mencapai potensinya. Hal ini tidak lepas kerjasama dengan guru supaya berhasil,” ungkapnya.

Pria yang baru saja pulang haji ini juga menyoroti pentingnya menciptakan atmosfer belajar yang mendukung, dimana pengalaman sebelumnya menjadi kunci keberhasilan.

Sekolah yang berada ditengah kota Kecamatan Ceper ini memadukan ajaran Islami dengan Kurikulum Merdeka berbasis karakter, menghadapi tantangan unik dengan siswa, guru dan staf.

Meski demikian, dirinya menegaskan komitmen untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa dengan pendekatan kolaboratif dan non-paksa, sehingga siswa bisa beradaptasi dan merasa nyaman.

“Kami fokus pada harmoni antar siswa, serta antara siswa dan guru. Dengan membina disiplin lokal dan keagamaan, berkoordinasi harmonis, dan menciptakan kenyamanan bagi siswa,” terangnya.

Penting untuk dicatat bahwa sementara prestasi dan penghargaan menjadi bagian dari perjalanan sekolah. Tujuan utama SMP Negeri 1 Ceper tetap berpusat pada pengembangan sekolah secara menyeluruh.

Diakhir ramah-tamah, Wiyana berharap inspirasi dan semangatnya dapat memberikan dorongan positif bagi sekolah lain yang juga berusaha mencapai keunggulan dalam pendidikan.

Sekedar informasi, SMPN 1 Ceper memiliki segudang prestasi, antara lain Kejuaraan Cabang Olahraga O2SN SMP Atletik Putra tingkat Kabupaten Klaten diraih oleh Mahesa Kahfi Kalbuadi Hartono pada 32 Mei 2023.

Kemudian, juara III Ilustrasi tingkat Kabupaten Klaten berhasil diraih oleh Luthfia Ghalib Rainy pada 29 Mei 2023. Dilanjutkan juara II Bidang Ilustrasi tingkat Kabupaten Klaten, pada 27 April 2024 ditempat yang berbeda.

Terakhir, kejuaraan lomba keterampilan baris berbaris (LKBB) pada 2 Juni 2024 diselenggarakan oleh Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten untuk tingkat Provinsi Jawa Tengah meraih Juara 1 untuk kategori Purwa.

“Deretan prestasi yang ditorehkan siswa tentu saja tidak lepas dari kerja keras para guru pembimbing. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kinerja para guru dan tetap semangat berbuat yang terbaik,” tutupnya.

(Madi)