Jabodetabek

Peringati HKG ke -52, PKK Jakbar Perkuat Program Kebijakan Pemerintah

×

Peringati HKG ke -52, PKK Jakbar Perkuat Program Kebijakan Pemerintah

Sebarkan artikel ini
Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 di ruang MH Thamrin, Gedung Walikota Administrasi Jakarta Barat.

Jakarta, faktapers.id – Tim Penggerak (TP) PKK Kota Administrasi Jakarta Barat menggelar Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 di ruang MH Thamrin, Gedung Walikota Administrasi Jakarta Barat.

Mengusung tema “Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju” diharapkan untuk mendukung kebijakan program pemerintah.

Dalam sambutannya, Walikota Administrasi Jakarta Barat, Uus Kiswanto menyampaikan bahwa Hari Kesatuan Gerak PKK yang diperingati setiap tanggal 4 Maret merupakan momentum gerakan bersama TP PKK maupun program/ kegiatan yang mendukung kebijakan program pemerintah.

“Perlu saya sampaikan, bahwa TP PKK di wilayah Jakarta Barat baik di tingkat kota, kecamatan maupun kelurahan telah bergerak bersama dalam bingkai gerakan PKK yang difokuskan dalam keberpihakan terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat yang sangat sesuai dengan tema yang diusung tahun ini yaitu “Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera untuk Indonesia Maju”, ” ujar Uus, Kamis (11/7/2024).

Lebih lanjut ia menjelaskan, wujud dari Gerakan Bersama tersebut adalah seluruh komponen PKK yang telah mampu menjadi mitra utama pemerintah kota Jakarta Barat dalam mendukung terlaksananya program prioritas.

“Dengan menggandeng para kolaborator yang memiliki visi misi yang sama, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan seperti penguatan pusat informasi konsultasi keluarga terkait pencegahan kekerasan pada Anak dan Perempuan, penguatan program gelari pelangi dan pembinaan UP2K agar bisa naik kelas, penguatan ketahanan pangan melalui tanam serentak meliputi tanaman produktif dan cabai, serta pencegahan stunting melalui pemberian pangan lokal protein tinggi kepada balita kurang gizi, ” ucapnya.

Uus juga mengungkapkan, Pemerintah Kota Jakarta Barat tidak akan mampu menjalankan program kerja tanpa dukungan stakeholder dan organisasi masyarakat khususnya para kader PKK termasuk para kader dasawisma.

“Oleh karena di hari yang berbahagia, ini saya mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh kader baik PKK Kelurahan, Kecamatan dan Kota yang telah memberikan sumbangan baik tenaga, pikiran maupun materi tanpa lelah sehingga program kerja yang telah disusun oleh pemerintah dapat dilakuka. Secara optimal, “imbuhnya.

“Saya ucapkan, Selamat Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 semoga para kader PKK makin mampu memiliki kompetensi untuk terus berdaya, berkarya dan berdampak untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pesannya.

Sejalan dengan Walikota Jakarta Barat, Ketua TPP PKK Kota Jakarta Barat Ny. Lisniawatu Uus, menyatakan Hari Kesatuan gerak pkk menjadi momentum untuk memperkuat peran sebagai mitra pemerintah yang senantiasa berusaha memberi saya atas peran sertanya dalam pembangunan melalui pemberdayaan keluarga.

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada kader PKK Jakarta Barat atas dedikasi dan kontribusinya dalam menyukseskan program-program pemkot jakarta barat,” katanya.

Ketua TP PKK berharap kegiatan HKG PKK ini dapat memberikan manfaat bagi kader PKK dan mengoptimalkan kinerjanya dalam mengimplementasikan 10 program pokok PKK dan berkreatifitas.

“Mari terus kita tingkatkan karya kita untuk menjadikan jakarta barat semakin terbaik,” imbuhnya.

Acara dirangkai dengan penyerahan penghargaan untuk pemenang lomba Vlog “KILAS” Keluarga Indonesia Lindungi Anak Terhadap Kekerasan Seksual:

Juara I Kelurahan Tambora

Juara II Kelurahan Duri Selatan

Juara III Kelurahan Kembangan Selatan

Lomba Jingle Gelari Pelangi:

Juara I Kecamatan Cengkareng

Juara II Kecamatan Palmerah

Juara III Kecamatan Kebon Jeruk

Lomba Masak Labu Madu dan Hatinya PKK:

Juara I Kecamatan Cengkareng

Juara II Kecamatan Grogol Petamburan

Juara III Kecamatan Kebon Jeruk

Lomba Gerak Senam 6 Langkah Cuci Tangan:

Juara I Kecamatan Palmerah

Juara II Kecamatan Cengkareng

Juara III Kecamatan Kembangan

Berikut penyerahan penghargaan kepada Ahmad Rizqi Hidayat dan Shakirana Kaila Orange yang telah mewakili Jakarta Barat pada Lomba Desain Batik Betawi Tingkat Provinsi DKI Jakarta dan kepada Kelurahan Palmerah serta Kelurahan Tanah Sereal yang telah mewakili Jakarta Barat pada Lomba GKSTTB Siaga Kebakaran Tingkat Kota.

(ibeng)