KalimantanPolitik

Deal, Partai Golkar Kowalisi ke PAN, PDIP serta Parpol lain usungkan Dadi- Malin di Pilkada Melawi 2024

×

Deal, Partai Golkar Kowalisi ke PAN, PDIP serta Parpol lain usungkan Dadi- Malin di Pilkada Melawi 2024

Sebarkan artikel ini
Penandatanganan MoU atau kerjasama kepada H.Dadi- Malin dengan. Partai Golkar.

Melawi, faktapers.id – DPD Partai Golkar Kalimantan Barat akhirnya menentukan pilihannya ikut merapat berkoalisi ke PAN Dan PDI Perjuangan. Ini artinya saat ini PAN paling banyak berkoalisi dengan partai lain (Partai Gemuk) dalam mengusung H.Dadi Sunarya UY.S.Pd dan Malin.S.H pada pilkada Bupati Melawi 2024.

Sebelum melakukan penyerahan rekomendasi, dilakukan penandatanganan MoU atau kerjasama kepada H.Dadi- Malin,yang mana sebelumnya telah dilaksanakan penjajakan oleh semua pengurus partai Golkar yang ada di kabupaten Melawi yang dilakukan oleh pimpinan dan pengurus partai guna memastikan kemana arah koalisi, Minggu (11 Agustus 2024).

Ketua DPD Partai Golkar, Maman Abdurrahman.ST saat penyerahan Rekom Sabtu 10 Agustus 2024 di Hotel Aston Covention center jalan Gajah, Pontianak selatan, Maman mengatakan, pihaknya telah melakukan tahapan mulai dari komunikasi antar partai politik, berkonsultasi dengan DPD, DPP dan akhirnya memutuskan berkoalisi dengan PAN,PDIP,PKS,PPP,PKB,vdan insya Allah akan menyusul NASDEM yang menjadi Koalisi besar untuk mengusung H.Dadi dan Malin di Pilkada Bupati Melawi 2024.

“Kalau kemarin kita sepertinya lambat dalam mengambil keputusan, itu semata untuk berkomunikasi dengan jajaran pimpinan partai diatasnya. Koalisi ini tidak ada syarat khusus apalagi mengajukan wakil,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD PAN Melawi, H.Dadi Sunarya UY yang sekaligus kandidat yang kini optimis menjadi calon tunggal setelah mendapatkan dukungan dari beberapa partai politik yang memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Melawi, terutama PAN dengan 11 kursi.

Ia mengungkapkan, ikhtiar membentuk koalisi besar dengan beberapa partai di Melawi membawa harapan agar kedepan Kabupaten Melawi bisa semakin baik,

Menurut Fadi, untuk menandai terjalinnya kerjasama antara semua partai ini, maka dalam waktu dekat PAN dan PDI Perjuangan kabupaten melawi akan melakukan deklarasi bersama.

“Dan kita akan adakan pertemuan antar parpol koalisi dalam acara Silaturrahmi partai politik di melawi. Sebagai bentuk kesungguhan Kowalisi kami agar tidak terjadi perbedaan pendapat pada saat masa masa kampanye nanti dan tetap satu tujuan untuk menjadikan Melawi kedepan lebih baik lagi,” jelasnya.

Terkait dengan hasil rekomendasi dari beberapa partai koalisi untuk bakal calon bupati (Bacabup) maupun bakal calon wakil bupati (Bacawabup) melawi, dinyatakan final kepada H.Dadi Sunarya UY.S.Pd sebagai Bakal calon Bupati yang kini menjabat sebagai ketua DPD PAN Melawi dan bupati Melawi aktif. sedangkan calon wakil bupati Malin.S.H.dari kader PDI perjuangan yang juga menjabat sebagai Sekretaris eksternal DPD PDI P Kalimantan barat.

Namun keduanya bukanlah dicalonkan oleh partainya secara otomatis, tetapi bakal Bacabup dan Bacawabup adalah mereka yang telah mengikuti fit and proper test di DPW PAN dan DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Barat.

Hendegi Januardi.UY selaku  ketua tim pemenangan PAN Melawi juga tidak menampik dengan bergabungnya Partai Golkar ke koalisi besar, makanya PAN, PDIP, PPP,PKS,PKB dan akan menyusul Nasdem.

“Ini kemungkinan besar pasangan Dadi – Malin di Pilkada Melawi 2024 akan dipastikan berhadapan dengan kotak kosong,” pungkasnya.

(Skn).