JabodetabekKesehatan

Antisipasi Penularan Rabies, Sudis KPKP Jakbar Vaksinasi Ribuan HPR

×

Antisipasi Penularan Rabies, Sudis KPKP Jakbar Vaksinasi Ribuan HPR

Sebarkan artikel ini
ilustrasi Kucing suntik rabies

Jakarta, faktapers.id – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat telah memvaksinasi sebanyak 4.577 hewan penular rabies (HPR) sepanjang Januari hingga Agustus 2024.

Kasudis KPKP Jakarta Barat, Novy C Palit mengatakan dari 4.577 HPR terdiri dari 3.538 kucing, 1.009 anjing, 26 kera dan empat musang.

“Sampai 15 Agustus 2024 ada 4.577 HPR yang sudah vaksinasi rabies di Jakarta Barat,” sebutnya saat dikonfirmasi, Senin (19/8).

Novy menjelaskan, pihaknya terus menggencarkan vaksinasi rabies dalam rangka mempertahankan DKI Jakarta yang bebas atau nol kasus rabies. Ia pun meminta kontribusi masyarakat khususnya para pemilik HPR peliharaan untuk mengantisipasi penularan rabies dengan membawa HPR ke lokasi vaksinasi yang telah ditentukan.

“Untuk warga Jakbar, mari sama-sama kita berkolaborasi mempertahankan Jakarta bebas rabies dan peduli dengan kesehatan hewan. Pantau intagram kami (@sudinkpkpjb) untuk informasi pelayanan yang diberikan, datang ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan,” ujar Novy.

Ia menambahkan, membawa HPR ke lokasi vaksinasi juga menjadi salah satu bentuk tanggung jawab pemilik HPR terhadap lingkungan dan warga sekitar.

“Masyarakat yang memiliki hewan kesayangan diharapkan untuk lebih memperhatikan kesehatan dan memelihara hewan kesayangannya sebagai bentuk tanggung jawab sebagai pemilik hewan peliharaan terhadap lingkungan sekitarnya. Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewannya dan mendapatkan vaksinasi rabies gratis,” pungkasnya.

(*/ibeng)