JabodetabekKesehatan

Pemkot Jakbar Peringati Pekan Menyusui Sedunia 2024

×

Pemkot Jakbar Peringati Pekan Menyusui Sedunia 2024

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Dalam rangka memperingati Pekan Menyusui Sedunia tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat melalui Suku Dinas Kesehatan mengadakan penatalaksanaan upaya peningkatan cakupan pemberian ASI Eksklusif yang berlangsung di Ruang Wijaya Kusuma Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis (22/8/2024).

Mewakili Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Jakbar, Abdurahman Anwar mengatakan bahwa dalam pemberian ASI terdapat banyak peran dari seluruh sektor. Sehingga Pekan Menyusui Sedunia Tahun 2024 menekankan kepada kelangsungan hidup, kesejahteraan dan mengecilkan celah kesenjangan.

Pekan Menyusui Sedunia tahun 2024 merupakan momentum yang tepat untuk semua pihak, baik suami, keluarga, rekan kerja, pemberi kerja/perusahaan, masyarakat dan pemerintah terlibat dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan mengakomodasi praktik menyusui.

“Kami berharap Pekan Menyusui Sedunia menjadi momentum agar kita selalu peduli dan bertanggung jawab dalam memberikan dukungan dan perlindungan terhadap ibu menyusui yang ada di wilayah Jakarta Barat demi menciptakan generasi emas di masa yang akan datang,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari mengatakan, peringatan Pekan Menyusui Sedunia yang bisa dilaksanakan pada tanggal 1-7 Agustus, memiliki tema global “Closingg The Gap: Breastfeeding Support for All”. Sedangkan tema nasional “Menutup Jarak, Ruang dan Waktu melalui Telekonseling Menyusui”.

Pekan Menyusui Sedunia Tahun 2024 diisi dengan berbagai kegiatan di delapan wilayah kecamatan di Jakarta Barat.

“Untuk rangkaian Pekan Menyusui Sedunia di Jakarta Barat dilaksanakan di delapan kecamatan dengan berbagai kegiatan seperti webinar gizi dan kesehatan, penyuluhan dan konseling Air Susu Ibu (ASI) serta bentuk kegiatan lainnya,” tutur Erizon.

Ia pun mengapresiasi kepada perusahaan-perusahaan di Jakarta Barat yang masih konsisten pada Gerakan Perempuan Pekerja Sehat Produktif (GP2SP).

“Mudah-mudahan tahun ini bisa ditingkatkan lagi kepada mereka yang bisa komitmen dengan gerakan tersebut. Karena sangat baik buat pekerja perempuan, terutama di perusahaan-perusahan,” ujarnya.

Pekan Menyusui Sedunia Tahun 2024 di Jakarta Barat, yang dihadiri kepala RSUD, puskesmas, dan perwakilan perusahaan, diisi dengan pemberian materi tentang peran lingkungan kerja dalam mendukung keberhasilan menyusui oleh Dr. Dewi Sumaryani Soemarko dan Kiat Sukses Menyusui oleh Hesti Kristina P Tobing.

(*/ibeng)