DaerahEkonomi BisnisJawa

BKOW Jateng Berdayakan Perempuan, Gelar Pelatihan di Desa Tambong Wetan

×

BKOW Jateng Berdayakan Perempuan, Gelar Pelatihan di Desa Tambong Wetan

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Dalam rangka mendukung program pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah, Badan Kerja sama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Tengah fokus merealisasikan program Desa Sejahtera (Destara).

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam program itu adalah menyelenggarakan pelatihan keterampilan bagi kelompok usaha perempuan yang ada di Desa Tambong Wetan, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Jumat (20/9/2024).

Ketua IV BKOW Jateng Suci Wulyandari mengatakan, tujuan Destara ini untuk memberi nilai positif atau menambah daya dari kelompok perempuan agar bisa mengolah sumber daya alam dan potensi yang ada didesa itu.

Menurut dia, sumber alam yang ada di desa apabila dikelola dengan benar, maka akan lebih produktif dan punya nilai jual, sehingga karyawan yang lebih inovatif, produktif ini juga bisa dikenal ke luar desa, bahkan tingkat Jawa Tengah.

“Dengan pelatihan ini, tentunya akan menambah keterampilan perempuan dalam mengolah potensi dan sumber daya yang ada di masing-masing desa, sehingga bisa menjadi sumber penghasilan serta meningkatkan kesejahteraan keluarga,” tuturnya.

Pihaknya memiliki target, setelah diberikan pelatihan, nantinya akan terbentuk kelompok usaha ekonomi produktif dengan aktor perempuan melalui produksi pengolahan komoditas, sesuai potensi desa-masing-masing.

Dengan begitu, harapannya akan terwujud desa sejahtera perempuan dan anak. Ia mencontohkan sumber daya alam yang ada di Desa Tambong Wetan yaitu Jagung bisa dibuat Marning dan lebih inovatif lagi seperti Nugget bisa di frozeen.

“Monggo, bareng-bareng kita sukseskan pelatihan dan serap berbagai materi yang disampaikan oleh narasumber. Saya berharap, setelah mengikuti pelatihan ini akan tumbuh kesadaran, pemahaman dan keterampilan dari para peserta,” pintanya

Berawal dari pelatihan ini, dia berharap hal ini akan membuka peluang yang lebih besar dalam menciptakan usaha mandiri di desa serta terciptanya lapangan usaha dan lapangan kerja baru. Pada ujungnya nanti, berimbas pada peningkatan kesejahteraan desa.

(Madi)