Olahraga

Malaysia GIGIT JARI! FIFA Resmi Tolak Naturalisasi Pemain Liga Belanda, Mats Deijl

×

Malaysia GIGIT JARI! FIFA Resmi Tolak Naturalisasi Pemain Liga Belanda, Mats Deijl

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id -Timnas Malaysia gagal dibela Bek Liga Belanda Mats Deijl, karena tidak memenuhi syarat yang ditetapkan FIFA.

Melalui pernyataan resmi PSSI-nya Malaysia (FAM), Selasa (1/10/2024), menyebutkan Mats Deijl – bek kelahiran Belanda yang membela klub Eredivisie Go Ahead Eagles – dinyatakan tidak memenuhi syarat FIFA untuk melalui proses naturalisasi

Malaysia memproses naturalisasi bek Liga Belanda Mats Deijl
Tidak memenuhi syarat FIFA

FAM telah memulai proses naturalisasi Deijl pada 27 Juni kemarin, setelah bek 27 tahun tersebut menyatakan tertarik membela Harimau Malaya dan diketahui memiliki darah keturunan Malaysia.

Namun setelah melakukan penelusuran dokumen, diketahui bahwa ibu dari kakek Deijl atau nenek buyutnya lahir di Singapura pada Juni 1893. Saat itu, Singapura masih menjadi bagian dari Malaysia.

Meski terbukti memiliki darah Malaysia, Deijl dinyatakan masih tak memenuhi syarat naturalisasi yang ditetapkan regulasi FIFA. Pernyataan resmi FAM berbunyi: “Berdasarkan dokumen yang terlampir, diketahui bahwa pemain 27 tahun tersebut hanya memiliki darah keturunan Malaysia melalui buyutnya, dan bukan melalui kakek dan neneknya sebagaimana yang disyaratkan oleh FIFA.”

Merujuk Pasal 8 Peraturan yang Mengawasi Permohonan Statuta FIFA (RGAS), pemain mana pun dapat membela sebuah negara asal memenuhi satu dari empat syarat. Pertama, ia terlahir di negara tersebut; kedua, ayah atau ibu sang pemain terlahir di negara tersebut; ketiga, kakek atau nenek sang pemain teralhir di negara tersebut; atau empat, sang pemain menetap di negara tersebut lebih dari lima tahun.

Lebih jauh, FAM juga berkata telah mengontak beberapa pemain lain yang diduga memiliki darah keturunan Malaysia, namun sejauh ini belum menemui hasil positif terutama terkait pemenuhan syarat yang ditetapkan oleh FIFA seperti yang telah disebutkan.

[]