BeritaHeadlineLingkungan

Program Ciliwung Bening, 6 Ribu Ton Sampah Dijaring

×

Program Ciliwung Bening, 6 Ribu Ton Sampah Dijaring

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Sebanyak 6 ribu ton sampah dijaring pada program Ciliwung Bening memperingati HUT ke-79 TNI dalam rangka karya bakti pembersihan Ciliwung bening tahun 2024.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, bersama Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto menelusuri kondisi Sungai Ciliwung yang ada dalam rangka kegiatan Ciliwung Bening.

Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan bahwa personel TNI dibantu sejumlah satuan kerja dari Pemerintah Provinsi Jakarta, telah berhasil menjaring 6 ribu ton sampah di Sungai Ciliwung Jakarta, melalui program Ciliwung Bening yang didapatkan dari hasil pembersihan sejak 1 sampai 12 Oktober 2024 lalu dan masih akan terus berlanjut hingga 25 Oktober mendatang.

“Kegiatan ini termasuk rangkaian dari HUT ke-79 TNI, tetapi saya berharap kepada ke depannya kebersihan sungai tetap bisa terjaga oleh semua pihak dan bukan hanya pada momentum ulang tahun lembaga saja,” katanya usai meninjau langsung pembersihan sampah Sungai Ciliwung di Tambora Jakarta Barat, Minggu (13/10/2024).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, kegiatan itu juga untuk mengingatkan semua pihak khususnya masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Pihaknya mengajak untuk menjaga kebersihan sungai sehingga akan berdampak positif untuk lingkungan ke depannya.

“Saya berharap ke depan semuanya juga bisa mengetahui cara untuk menjaga sungai ini secara konsisten agar tidak tercemar kembali, jadi infrastruktur pendukung sekitar DAS terkait tempat sampah juga didorong untuk disiapkan,” ujar Maruli

Ia mengatakan, dengan kebersihan sungai tersebut maka masyarakat akan menikmati lingkungan yang bersih dan sehat.

Mewakili PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengapresiasi kepedulian TNI terhadap lingkungan dengan kegiatan pembersihan aliran sungai Ciliwung, dan akan terus bersinergi dengan TNI untuk menjaga lingkungan agar lebih bersih dan sehat

“Pada prinsipnya kami atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berterima kasih atas kerja sama dan perhatian dari jajaran TNI yang sudah peduli terhadap lingkungan khususnya Kali Ciliwung dengan program Ciliwung bening. Mudah- mudahan ini akan menginspirasi kepada seluruh warga di sepanjang Kali Ciliwung sehingga program ini menjadi perhatian kami (Pemprov DKI) untuk di tindak lanjuti,” ungkapnya.

Sebagai informasi, kegiatan Ciliwung Bening terbagi pada tiga sektor utama di bawah Korem 051/WKT, Korem 052/WKR, dan Kodim 0501/JP, dengan total cover area pembersihan sepanjang 80,3 kilometer.

TNI mengerahkan sebanyak 35.675 personel yang tergabung dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU). ibenk