Jakarta, faktapers.id – Tak hanya menjaga kualitas dan stabilitas jaringan serta signal yang tangguh, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) juga perkuat jaringan hubungan dengan wartawan media massa melalui Halal bi Halal di Aroem Resto & Kafe, Jakarta Pusat, Rabu (9/4/2025).
Pada perjumpaan bertema “Menghubungkan Hati” ini, menjadi bukti bahwa Indosat berkomitmen mewujudkan apresiasinya kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya bagi para pemudik pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1446 H/2025 serta para kolaborator mitra media strategis di era digital yang kian berkembang di tengah lonjakan trafik digital.
Dalam catatan Ramadan hingga Idul Fitri, trafik data meningkat 21 persen secara signifikan, khususnya di wilayah Jakarta Raya hingga nasional dengan jaringan dan koneksi andal tanpa hambatan melalui sistem jaringan adaptif berbasis teknologi AI-driven automation.
Steve Saerang, SVP, Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, Idul fitri bukan hanya dirayakan secara fisik, tetapi juga secara digital.
“Komitmen kami adalah menjaga kualitas konektivitas agar pelanggan tetap bisa terhubung dengan keluarga dan sahabat, di mana pun mereka berada,” terang Steve Saerang.
Menurut catatannya, puncak trafik terjadi pada pukul 15.00 hingga 22.00 WIB, dengan lonjakan penggunaan WhatsApp sebesar 7 persen, serta peningkatan trafik media sosial seperti TikTok, Facebook, YouTube, dan Instagram hingga 9,2 persen.
Untuk memastikan kelancaran layanan, Indosat menambahkan 90 site baru dan
mengerahkan 11 Mobile BTS (MBTS) di titik-titik strategis wilayah Jakarta Raya, termasuk
kawasan padat penduduk dan jalur mudik utama. Infrastruktur jaringan didukung oleh lebih dari 3.427 kilometer fiber optik dan 3.691 kilometer metro fiber optic yang tersebar secara nasional. Di sisi operasional, Command Center Indosat beroperasi 24/7, memantau kondisi jaringan secara real-time dan melakukan intervensi cepat bila diperlukan. Teknologi AI dan machine learning juga digunakan untuk mendeteksi potensi gangguan sebelum berdampak
ke pelanggan.
Sementara, di wilayah Outer Jakarta, Indosat memastikan performa jaringan tetap optimal di lokasi-lokasi krusial seperti Tol Jakarta–Cikampek, rest area KM 19/33/57/62, Pelabuhan Merak dan Ciwandan, Pantai Florida dan Sambolo, AEON BSD, serta Stasiun Bogor. Di tengah arus mudik yang padat, jaringan tetap stabil dengan tingkat keberhasilan koneksi mencapai 99,3 persen.
Chandra Pradyot Singh, EVP, Head of Circle Jakarta Raya (Jaya), juga menyampaikan keberhasilan konsistensi jaringan dan layanan terhadap pelanggannnya.
“Keberhasilan ini hasil dari kesiapsiagaan tim dan sinergi di lapangan. Dengan dukungan teknologi dan Command Center yang aktif 24 jam, kami mampu melakukan penyesuaian kapasitas secara cepat dan tepat, sehingga pelanggan tetap dapat menikmati layanan yang lancar dan stabil di tengah mobilitas tinggi,” papar Chandra Pradyot Singh.
Selanjutnya dia menuturkan, keberhasilan Indosat dalam menjaga stabilitas jaringan selama periode lebaran di wilayah dengan trafik tertinggi, seperti Jakarta Raya mencerminkan komitmen perusahaan dalam menghadirkan layanan yang benar-benar andal di saat paling krusial. Dengan kombinasi teknologi canggih, infrastruktur kuat, dan kerja nyata di lapangan, Indosat memastikan pelanggan tetap terhubung tanpa hambatan meski di tengah lonjakan trafik.
{Her}