Jakarta, faktapers.id – Guna memastikan kesiapan Armada PT Pelni menghadapi lonjakan penumpang pada Natal 2025 dan Tahun Baru 2026,
Senior Director Transportation PT Danantara Asset Management Wamildan Tsani kunjungi kapal PT Pelni KM Kelud yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Jumat (14/11/2025).
Kunjungan ini dilakukan untuk
Selain melihat fasilitas yang ada di kapal secara langsung, kunjungan ini juga sekaligus memastikan kesiapan armada PT PELNI melayani masyarakat pengguna moda transpotasi laut pada periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.
Wamildan dalam kunjungannya didampingi oleh Direktur Usaha Angkutan Penumpang PELNI Nuraini Dessy, Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PELNI Kokok Susanto serta Direktur Armada dan Teknik PELNI Robert M.P. Sinaga, Kepala Cabang PELNI Jakarta Dicky Darmawandi dan Nakhoda KM Kelud Capt. Herman.
Wamildan meninjau alur pelayanan embarkasi penumpang mulai dari check in, _boarding pass_ hingga proses naik kapal, serta melihat langsung fasilitas di atas KM Kelud seperti kamar penumpang, dapur, poliklinik, tempat ibadah, cafetaria hingga anjungan kapal.
Direktur Usaha Angkutan Penumpang PELNI Nuraini Dessy mengatakan komitmen perusahaan untuk mengutamakan keselamatan pelayaran dengan memastikan kepatuhan pada standar operasional kapal.
“Kunjungan Danantara ini menjadi momentum penting bagi kami untuk menunjukkan kesiapan KM Kelud sebagai salah satu armada favorit masyarakat jelang Nataru, khususnya di rute Batam-Medan. Kami secara maksimal meningkatkan layanan digitalisasi proses _check in_ melalui aplikasi PELNI Mobile. Hal ini sebagai wujud komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna kapal PELNI,” ujar Dessy.
Wamildan mengapresiasi transformasi layanan dan infrastruktur yang telah dilakukan PELNI dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang.
“Apresiasi dari Danantara memotivasi kami untuk terus bertransformasi menjadi operator pelayaran nasional yang andal, aman, dan berorientasi pada kepuasan penumpang. Kami siap menghadirkan Nataru dengan tema Melayani Sepenuh Hati,” tambah Dessy.
Melalui kunjungan ini, PELNI mempertegas komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas layanan transportasi laut nasional, memastikan kesiapan armada dan menjadi bagian dari upaya kolaborasi strategis antara PELNI dan Danantara dalam mendukung konektivitas maritim nasional yang berkualitas.
Dicky Darmawandi selaku Kepala Cabang Pelni Jakarta mengatakan pihak nya siap melayani masyarakat dengan senyum.
“Cabang PELNI Priuk siap melayani masyarakat pengguna moda transportasi laut pada Natal 2025 dan Tahun baru 2026 ini. Kami bangga dapat melayani masyarakat pengguna armada PELNi dengan Senyum, Sapa dan Salam,” tutup Dicky Darmawandi. Han
Sebagai informasi,
PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa pelayaran saat ini mengoperasikan 25 kapal penumpang yang melayani 511 ruas dengan 1.359 rute dan menyinggahi 74 pelabuhan.
Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 30 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP, dimana kapal perintis menyinggahi 230 pelabuhan dengan total 522 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 18 kapal rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini PELNI mengoperasikan 8 trayek tol laut serta satu trayek khusus untuk kapal ternak.
(Han)













